Sedang Membaca
Selama Ramadan, Teras Kiai Said Gelar Diskusi
Alif.ID

Berkeislaman dalam Kebudayaan

Selama Ramadan, Teras Kiai Said Gelar Diskusi

Redaksi

JAKARTA – Komunitas diskusi Teras Kiai Said menjadwalkan tiga seri diskusi tentang pemikiran Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj. Diskusi akan dilaksakan di minggu pertama, kedua, dan terakhir Ramadan 1439 H.

 

“Tema pertama ‘Kiai Said dan Media’ akan dilaksanakan malam nanti (bakda Salat Tarawih). Kami melibatkan narasumber yang terdiri dari jurnalis senior hingga peneliti,” kata ketua panitia Ahmad Nizar Idris, Sabtu, 19 Mei 2018.

 

Tujuannya, tambah Nizar, untuk memperoleh pandangan dan kesan-kesan pemikiran Kiai Said dari para ahli. Adapun semua seri diskusi akan digelar di Pesantren Al-Tsaqafah, Jakarta selatan.

 

“Di sisi lain, Kiai Said sering dicap sebagai tokoh kontroversial. Barangkali, ini bermula dari sepinya kajian mengenai latar belakang, kristalisasi pemikiran, serta tolok ukur gagasan yang menjadi landasan Kiai Said dalam menjawab serangkaian persoalan,” kata Nizar.

 

Selain media, tema lain yang akan diangkat adalah ‘Kiai Said dan Tasawuf’ yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 26 Mei 2018, serta ‘Kiai Said, NKRI dan Keberagaman’ pada minggu ketiga Ramadan, yakni Sabtu, 3 Juni 2018.

 

“Untuk tema tasawuf insyaallah akan diisi Kiai Luqman Hakim dan Gus Ulil Abshar Abdalla. Sedangkan untuk tema NKRI dan Keberagaman akan diisi Romo Beny dan Ahmad Sahal,” ucap Mahasiswa Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta itu.

Baca juga:  Kisah Kunjungan Gus Dur ke Palestina

 

Dari Tadarus Pemikiran Kiai Said di bulan Ramadhan ini, Nizar berharap, ke depannya Teras Kiai Said (TKS) bisa rutin menyelenggarakanya tiap bulan.

 

 

Jadwal Tadarus Pemikiran Kiai Said Ramadan 1439 H

Baca Juga

 

Seluruh diskusi digelar setelah Salat Tarawih, pukul 20.00 – 23.00 WIB di Pondok Pesantren Al Tsaqafah, Jalan Muhammad Kahfi I No.22, Cipedak, Jagakarsa, RT.5/RW.1, Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

 

  1. Sabtu, 19 Mei 2018. ‘Kiai Said dan Media’ Pembicara; Abdul Kohar (Jurnalis Senior), Nur Fajri Budi Nugroho ( Peneliti Media), Savic Ali (Jurnalis NU). Moderator; Sobih Adnan.

 

  1. Sabtu, 26 Mei 2018. ‘Kiai Said dan Tasawwuf Falsafi’. Pembicara; Buya Husain ( Intelektual Muslim), Gus Ulil Abshar Abdala (Intelektual Muslim). Moderator; Muhammad Sofwan.

 

  1. Sabtu, 03 Juni 2018. ‘Kiai Said, Islam, dan Keberagaman’. Pembicara; Yenny Wahid (Putri Gus Dur), Romo Benni (Rohaniawan), Akhmad Sahal (Intelektual Muslim) . Moderator; Nizar Idris.

 

 

Lihat Komentar (0)

Komentari