Redaksi
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Doa Indah: Wirid Syekh Abu Bakar bin Salim

Tentang Tasawuf

Doa ini susunan katanya sangat puitis. Berisi pujian-pujian yang indah kepada Allah Swt. Berikut lafalnya:

اَللّهُمَّ يَا عَظِيْمَ السُّلْطَانِ يَاقَدِيْمَ اْلاِحْسَانِ يَادَإِمَ النِّعَمِ يَاكَـثِيْرَ الْجُوْدِ يَاوَاسِعَ الْعَطَاءِ يَاخَفِيَّ اللُّطْفِ، يَاجَمِيْلَ الصُّنْعِ يَِاحَلِيْمًالاَ يَعْجَلُ. صَلِّ يَا رَبِّ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَالِه وَسَلِّمْ وَارْضَ عَنِ الصَّحَابَةِ اَجْمَعِيْنَ. اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ شُكْرًا وَلَكَ الْمَنُّ فَضْلاً وَاَنْتَ رَبُّنَا حَقاًّ وَنَحْنُ عَبِيْدُكَ رِقاًّ وَاَنْتَ لَمْ تَزَ لْ لِذَا لِكَ اَهْلا.ً يََا مُيَسِّـرَ كُلِّ عَسِـيْرٍ وَيَاجَابِرَ كـُلِّ كَسِيْـرٍ وَ يَا صَاحِبَ كُلِّ فَرِيْدٍ وَيَامُغْنِيَ كُلِّ فَقِيْرٍ وَيَامُقَوِّيَ كُلِّ ضَعِيْفٍ وَيَامَأْمَنَ كُلِّ مَخِيْفٍ، يَسِّرْ عَلَيْنَاكُلَّ عَسِيْرٍ، فَتَيْسِيْرُالْعَسِيْرِعَلَيْكَ يَسِيْرٌ.اَللّهُمَّ يَامَنْ لاَيَحْتَاجُ اِلَى الْبَيَـانِ وَالتَّفْسِيْرِ حَاجَاتُنَاكَثِيْرٌ، وَاَنْتَ عَالِمٌ بِهَاوَخَبِيْرٌ، اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَخَافُ مِنْكَ وَاَخَافُ مِمَّنْ يَخَافُ مِنْكَ، وَاَخَافُ مِمَّنْ لاَ يَخَافُ مِنْكَ. اَللّهُمَّ بِحَقِّ مَنْ يَخَافُ مِنْكَ نَجِّنَامِمَّنْ لاَ يَخَافُ مِنْكَ. اَللّهُمَّ بِحَقِّ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ اُحْرُ سْنَابِعَيْنِكَ الَّتِى لاَ تَنَامُ، وَاكْـنُفْنَا بِكَنَفِكَ الَّذِيْ لاَيُرَامُ وَارْحَمْنَا بِقُدْرَتِكَ عَلَيْنَا فَلاَ نَهْلِكْ وَاَنْتَ ثِـقـَتُـنَا وَرَجَاؤُنَا. وَصَلىَّ اللهُ عَلىَ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَالِـه وَصَحْبِه وَسَلـَّمَ، وَالـْحَمْدُلِلّهِ رَبِّ الـْعَالـَمِيْنَ.
عَدَدَخَلـْقِه َورِضَى نَفْسِه وَزِنَةَعَرْشِه وَمِدَادَكَلِمَاتِه
اَللّهُمَّ اِنَّانَسْأَ لُكَ زِيَادَةً فِى الدِّ يْنِ، وَبَرَكَةً فِى الـْعُمُرِ وَصِحَّةً فِى الـْجَسَدِ وَسِعَةً فِى الرِّ زْقِ وَتَوْبَةً قَـبْلَ الـْمَوْتِ وَشَهَادَةًعِنْدَالـْمَوْتِ. وَمَغْـفِرَةً بَعْدَالـْمَوْتِ وَعَفْوًاعِنْدَ الـْحِسَابِ وَاَمَانًامِنَ الـْعَذَابِ وَنَصِيـْبًامِنَ الـْجَنَّةِ وَارْزُقْـنَا النـَّظَرَاِلى وَجْهِكَ الـْكَرِيْمِ. وَصَلَّى اللهُ عَلىََ سَـيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَالِه وَصَحْبِهِ وَسَلَّمٌ (سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الـْعِزَّةِ عَمَّايَصِفُوْنَ وَسَلمٌ عَلَى الـْمُرْسَلِيْنَ. وَالـْحَدْلِلّهِ رَبِّ الـْعَالَمِيْنَ.عَدَدَخَلـْقِه وَرِضَى نَفْسِه وَزِنَةَعَرْشِه وَمِدَادَكَلِمَاتِه

 

Bismillahirrahmanirrahim,

Allahumma yaa ‘adziimassulthoon, yaa qodimal ihsaani yaa daaimanni’ami yaa katsiroljuud yaa waasi’al ‘athoo’ yaa khofiyyalluthfi yaa jamiilashshun’i yaa haliimaan laa ya’jal sholli yaa rabbi ‘ala sayyidinaa Muhammadin wa aalihi wasallim wardho ‘anish shohaabati ajma’iin. Allahumma lakalhamdu syukroo walakal mannu fadhlaan waanta robbunaa haqqoon wa nahnu ‘abriduka riqqoon wa anta lam tazal lidzalika ahlaan yaa muyassiro kulli fariidin wa yaa mughniya kulli faqiirin wa yaa muqowwiya kulli dho’iifin wayaa ma’mana kulli mukhiifin yassir ‘alainaa kulla ‘asiirin fataisiirul ‘asiiri ‘alika yasir. Allahumma yaa man laa yahtaaju ilal bayaani wattfsiir haajaatunaa katsirun waanta ‘aalimun bihaa wakhobiir.

Baca juga:  Membaca Naskah Kuno Berisi Doa dan Dzikir Khatam Al-Qur'an

Allahumma innii akhoofu minka waakhoofu mimman yakhoofu minka wa akhoofu mimman laa yakhoofu minka. Allahumma bihaqqi man yakhoofu minka najjinaa mimman laa yaa khoofu minka. Allahumma bihaqqi sayyidinaa muhammadin uhrusnaa bi’ainikallatii laa tanaamu waaknufnaa bikanafikalladzii laa yuroom waarhamnaa biqudrotika ‘alainaa falaa nahliku waanta tsiqotunaa warojaaunaa washallallahu ‘ala sayyidinaa muhammadin wa aalihi washohbihi wassallam. Walhamdulillahi rabbil ‘aalamiin.

‘adada kholqihi waridho nafsihi wazinata ‘arsyihi wamidaada kalimaatihi.

Allahumma innaa nas aluka ziyaadatan fiiddiini wabarokatan fil’umuri wa shihhatan fiil jasadi wa si’atan fiirrizqi wa taubatan qablal mauti wasyahaadatan ‘indal mauti wa maghfirotan ba’dal mauti wa’afwaan ‘indal hisaabi wa amanaan minal ‘adzaab wanashiibaan minal jannati waarzuqnaannadzoro ilaa wajhikal kariimi washallahu ‘ala sayyidinaa muhammadin wa aalihi washohbihi wasallam . Subhaana rabbika rabbil ‘izzati ‘ammaa yashiifuun. Wasalaamun ‘alal mursaliina walhamdulillahi rabbil ‘aalamiina ‘adada kholqihi waridho nafsihi wazinatan ‘arshihi wamidaada kalimaatihi.

Wahai Yang Maha Agung Kekuasaan-Nya, Wahai Yang Maha Terdahulu Kebaikan-Nya, Wahai Yang Selalu Melimpahi Nikmat, Wahai Yang Maha Banyak Anugerahnya, Wahai Yang Maha Luas Pemberian-Nya, Wahai Yang Maha Tersembunyi Kasih Sayang-Nya, Wahai Yang Maha Lembut Perbuatan-Nya, Wahai Yang Maha Berkasih Sayang tanpa Tergesa gesa menurunkan siksa, Limpahkanlah Shalawat Wahai Tuhanku pada Sayyidina Muhammad dan pada Keluarga serta Salam Sejahtera dan Ridhoilah atas semua para sahabatnya sekalian.

Baca juga:  Perbedaan Doa Orang Awam dan Wali Allah

Wahai Allah, Bagi-Mu segala Pujian dan Syukur, Dan Bagi-Mu (kami sangat) Berhutang Budi atas Segala Anugerah, Dan Engkaulah Pemilik Kami Yang Sebenar benarnya, Dan Kamilah Hamba-Mu yang Kau Miliki, Dan Engkau Tetap Abadi memiliki kami, Wahai Yang Maha Memudahkan semua Hamba-Mu yang Kesulitan, Wahai Yang Maha Menghibur semua Hamba Mu yang tenggelam dalam Kecewa dan Kesedihan, Wahai Yang Maha Menemani semua Hamba Mu yang dalam Kesendirian, Wahai Yang Maha Mencukupi semua Hamba Mu yang Faqir, Wahai Yang Maha Menguatkan semua Hamba Mu yang Lemah, Wahai Yang Maha Mengamankan semua yang dalam Ketakutan,
Mudahkanlah bagi kami segala kesulitan kami, Engkaulah satu satunya yang Maha Memudahkan segala yang Sulit, Dan Milik Mu segala Kemudahan.

Wahai Allah Yang Tak Membutuhkan penjelasan dan penafsiran (atas kesulitan kami), Hajat Kami sangatlah banyak, dan Engkau Maha Mengetahuinya dan Maha Memahami Kejadiannya, Wahai Allah kami takut pada Kewibawaan Mu, dan kami takut pada orang yang takut pada Kewibawaan Mu (para Wali Allah, takut bila berbuat salah pada mereka, kami akan mendapat kemurkaan Mu.) dan kami takut pula pada orang yang tidak takut pada Kewibawaan Mu (para Musuh Allah, takut bila perbuatan mereka pd kami menjauhkan kami dari-Mu)
Wahai Allah Demi Orang orang Yang Takut akan Kewibawaan Mu, Selamatkan Kami dari orang orang yang tak takut pada Kewibawaan-Mu, Wahai Allah demi Sayyidina Muhammad.

Baca juga:  Ragam Shalawat Nabi Penolak Wabah Virus/Penyakit

Jagalah Kami dengan Pandangan Mu Yang Tak Pernah Terlelap, dan Ayomilah Kami dengan Pemeliharaan Mu yang Tak terbayangkan, Kasihanilah kami, Dengan Ketentuan Mu yg akan menimpa kami, maka kami tak akan celaka bila Engkau Harapan Kami dan Pegangan Kami. Maka shalawat serta salam atas pemimpin kami sayidina Muhammad dan atas keluarga dan sahabatnya, dan segala puji bagi Tuhan sekalian Alam, sebanyak ciptaan Nya, dan keridhoan diri-Nya, dan perhiasan Arsy-Nya, dan tinta kalimat Nya,

Wahai Allah kami memohon kepada Mu bertambahnya keiamanan dalam beragama, keberkahan dalam usia, kesehatan tubuh, keluasan dalam rizki, dan taubat sebelum kematian, dan syahadat saat kematian, dan pengampunan setelah kematian, dan pengampunan di hari hisab, dan aman dari siksa, dan bagian dari surga, dan berilah kami kesempatan memandang kepada Dzat Mu yang Maha Agung dan Mulia,

Maka shalawat Allah dan salam semoga selalu atas sayyidina Muhammad dan atas keluarga dan sahabatnya, walhamdulillahirabbil’alamin.

Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
31
Ingin Tahu
13
Senang
31
Terhibur
13
Terinspirasi
18
Terkejut
6
Lihat Komentar (1)

Komentari

Scroll To Top