Sedang Membaca
Menaker Apresiasi Lomba Video Inspriratif “Bangkit Di Masa Covid-19”
Redaksi
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Menaker Apresiasi Lomba Video Inspriratif “Bangkit Di Masa Covid-19”

Kemnaker21
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, menyambut positif antusiasme peserta “Lomba Video Inspiratif Versi Kamu” bertema “Bangkit di Masa Covid-19” yang digelar Kementerian Ketenagakerjaan bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI).
“Saya ingin menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta. Karena dalam upaya untuk kembali bangkit dari pandemi Covid-19, kita membutuhkan motivasi, kita membutuhkan inspirasi,” ujar Menaker Ida Fauziyah dalam acara penyerahan hadiah kepada pemenang lomba video di kantor Kemnaker, Jakarta, Jumat (12/6/2020).
Hadir dalam acara ini Plt. Sekjen Kemnaker, Budi Hartawan; Executive Vice President BRI, Irene Retnaningsih; Kepala Biro Humas Kemnaker, Soes Hindharno; dan perwakilan pemenang lomba yang datang langsung dan melalui video virtual.
Menaker Ida menjelaskan, bangkit dari keterpurukan, baik di-PHK ataupun dirumahkan tidaklah mudah. “Namun pada kenyataannya, kalian, peserta lomba, baik yang menjadi juara, nominasi terbaik, atau pun yang hanya menjadi peserta, telah membuktikan bahwa kita bisa bangkit. Ketika satu pintu tertutup, pada saat yang sama, Tuhan akan membukakan pintu lainnya. Dan kita telah membuktikannya,” ujarnya.
Kepada peserta lomba video, Menaker Ida berpesan agar terus berinovasi, berkreasi, dan menjadi inspirasi untuk negeri serta menjadi orang yang penuh motivasi. “Terima kasih sebesar-besarnyanya saya ucapkan kepada kalian semua. Karena kalian tidak hanya membuktikan mampu bangkit di masa pandemi. Namun kalian telah menjadi inspirasi, memotivasi, dan menjadi alasan bagi kita semua untuk bangkit,” katanya.
Menteri Ida mengungkapkan, penularan kasus Covid-19 di Indonesia terus terjadi dan dampaknya tidak hanya menjadi ancaman bagi kesehatan, namun juga sosial-ekonomi. Dari sisi kesehatan, hingga Kamis, 11 Juni 2020, terdapat 979 kasus baru Covid-19. “Hal ini menyebabkan secara akumulatif ada 35.295 kasus Covid-19 di Indonesia per tanggal 11 Juni 2020,” kata  Ida.
Sedangkan dampak dari segi ekonomi, khususnya pada sektor ketenagakerjaan, sebanyak 3.066.567 pekerja telah terdampak Covid-19 di-PHK maupun dirumahkan. Dari jumlah tersebut, 1.757.464 data pekerja telah cleansing.  “Artinya sudah kita ketahui by name-by address. Sisanya, 1.274.459 pekerja masih kami lakukan cleansing,” ujarnya.
Menaker Ida menambahkan, dari 1.757.464 pekerja terdampak Covid-19, sebanyak 380.221 pekerja di antaranya merupakan pekerja sektor formal ter-PHK. Sisanya, 1.058.284 pekerja sektor formal dirumahkan, dan 318.959 pekerja informal (termasuk UMKM) yang terdampak.
Executive Vice President BRI Irene Retnaningsih menambahkan, pihak BRI mendukung program-program pemerintah, khususnya Kementerian Ketenagakerjaan dalam membantu dan memberdayakan para pekerja yang terdampak pamdemi Covid-19.
Lomba Video Inspiratif Versi Kamu, bertema “Bangkit dari Keterpurukan di Masa Covid-19” diikuti oleh 735 peserta. Setelah melalui proses penjurian yang ketat, ditetapkan Rian Setyoko (Madiun/Jawa Timur) terpilih sebagai juara I dengan hadiah senilai Rp5 juta. Juara II diraih oleh Gilang Danang Lida Sanjaya (Sleman/DIY) dengan hadiah Rp3 juta. Juara III, Aspin Anwar (Tenggarong/Kalimantan Timur) berhak membawa pulang hadiah sebesar Rp2 juta. Sedangkan 25 nomimasi terbaik mendapatkan hadiah sebanyak Rp1 juta.
Sebagai tambahan hadiah dari BRI, semua pemenang lomba mendapatkan sebesar Rp 1 juta. Tak hanya itu, atas instruksi Menaker Ida, semua pemenang menjadi peserta prioritas program inkubasi bisnis dari Kementerian Ketenagakerjaan.
Baca juga:  Tribute to Gus Dur, Konser Ananda Sukarlan Mengenang Pejuang Kemanusiaan
Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Scroll To Top