Ketika Siti Nurbaya Memprotes Laki-Laki 1
Salah Paham Islam Nusantara di Tanah Minang

Di dalam tradisi Minang tedapat adagium; “Adat basandi Syara, Syarak basandi Kitabulloh” dan tradisi sumpah…

Demak dengan Luwes Mengadopsi Tata Spiritual-Politik Mandala

Mandala sebagai tata spiritual-politik telah berakhir ketika ekspansi Mataram Islam, setelah upaya lima tahun, ke…

Rihlatus Sairafi: Kitab Arab Pertama yang Menyebut Nusantara

Catatan Arab pertama yang secara jelas menyebut dan menjelaskan tentang Nusantara adalah catatan yang ditulis…

Tradisi Masyarakat Maluku: Aktualisasi Diri Hamba Allah

Tradisi masyarakat Maluku yang bernuansa Islam terbilang banyak. Ada tradisi Pukul Sapu di Morela-Mamala, teriakan…

Masjid Kamina, Saksi Sejarah Islam di Bima

Dalam naskah BO, catatan sejarah tanah Bima atau dikenal dengan nama Mbojo peralihan kekuasaan tidak…

Masjid Gede Mataram, Pusat Penyebaran Islam Nusantara

Masjid Gede Mataram adalah masjid tertua di Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ). Ia menjadi salah satu…

Masjid Wapauwe, Saksi Tua Sejarah Islam di Maluku

Masjid Wapauwe terkait erat dengan sejarah masuknya Islam di Maluku yang dilakukan saudagar Muslim Arab,…

Ekspresi Isra Mikraj dalam Tradisi Gembrungan di Madiun

Edy Sedyawati dkk dalam Sastra Jawa: Suatu Tinjauan Umum mengungkapkan bahwa masa periode Islam merupakan…

Bathara Katong dan Islamisasi di Wetan Gunung Lawu

Akhir abad ke-15 Masehi menjadi titik pergeseran penting dari kedigdaayaan kerajaan Majapahit menuju kemundurannya. Kekuasaan…

Mangiri: Kota Penting dalam Proses Islamisasi Nusantara

Para sarjana Barat, seperti Snouck Hurgronje, R.A Kern, Moquette, Schrieke, Berg, Winstedt, dan Drewes memiliki…

Pangeran Diponegoro sebagai Santri Muda dan Santri Lelana

Waktu saya kecil, sosok Pangeran Diponegoro hanya bisa dijumpai lewat gambar-gambar yang ditempel di dinding…

Anak-Anak Waktu di Zamrud Khatulistiwa

Keluarga besar kami dari sulur Ibu, selaik Indonesia Raya. Paling tidak, Ayah yang berlatar Muhammadiyah,…