Sedang Membaca
Penetapan 267 Warisan Budaya: Meneguhkan Kenusantaraan
Susi Ivvaty
Penulis Kolom

Founder alif.id. Magister Kajian Tradisi Lisan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia. Pernah menjadi wartawan Harian Bernas dan Harian Kompas. Menyukai isu-isu mengenai tradisi, seni, gaya hidup, dan olahraga.

Penetapan 267 Warisan Budaya: Meneguhkan Kenusantaraan

Ritual tahunan Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia terasa menjadi momen peneguhan kenusantaraan –setidaknya bagi saya– sejak pertama kali dihelat pada tahun 2013. Penetepan itu menjadi puncak kerja keras semua pihak: pelaku budaya, pelestari, para ahli, akademisi, dan pemerintah, diawali pencatatan karya budaya, pengusulan menjadi warisan budaya, riset data, verifikasi, hingga sidang penetapan.

Ibu Jariah (87 tahun) melantunkan syair Dideng, sastra lisan dari Jambi

Apresiasi (berupa penyerahan sertifikat) kepada para gubernur –mewakili daerahnya—mungkin tampak sekadar selebrasi, namun tetap saja tidak dapat menyembunyikan kerja keras di balik itu. Malam apresiasi juga menjadi unjuk karya para seniman daerah, unjuk karya budaya dan tradisi lisan yang masih hidup di daerahnya. Pada malam apresiasi Penetapan Warisan Buaya Takbenda Indonesia 2019 di Istora Senayan Jakarta, 8 Oktober 2019, sebanyak 40 karya budaya ditampilkan oleh 480 seniman dari sejumlah provinsi di Indonesia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyebut kembali “tiga kalimat sakti” dalam Trisakti yang digagas Bung Karno, di sela-sela sambutannya. Berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan. Tiga keniscayaan yang memang seharusnya menjadi ruh kebangsaan dan keindonesiaan itu selalu relevan didengungkan di setiap zaman.

Konteks sambutan Muhadjir tentunya mengarah kepada kalimat sakti yang ketiga, berkepribadian dalam kebudayaan. Saya sangat gembira mendengar kalimat itu diucapkan, tidak sekadar ditulis, karena getarannya beda. Alasan lain kegembiraan saya, karena kalimat sakti itu juga menjadi landasan narasi alif.id, Berkeislaman dalam Kebudayaan. Sebagai situs blog dan berita keislaman, alif.id menempatkan keberislaman dalam bingkai kebudayaan, maka mari kita berislam tanpa meninggalkan budaya kita, kepribadian kita.

Hadirin  yang menyaksikan beragam pertunjukan di Istora Senayan, entah menikmati, sekadar partisipasi, atau basa-basi, disuguhi beragam pertunjukan tradisional yang semuanya telah menjadi warisan, telah hidup setidaknya selama dua generasi, dan masih hidup hingga kini. Tidak semua tradisi itu mampu bertahan dengan mulus, sebagian di antaranya juga kembang-kempis mencari nafas buatan agar mampu hidup. Selama masyarakat pendukungnya masih menghendaki karya budaya itu tetap hadir, selama itu pula mereka akan mencari cara untuk mempertahankannya, menjaganya tidak punah. Namun sebaliknya, jika suatu karya budaya tidak lagi dikehendaki masyarakatnya, tidak perlu bersusah-payah mempertahankan, buat apa?

Di panggung luar Istora, Rebana Hadrah dan Gambang Kromong dari Betawi tampil sejak sore, juga Tortor Sombah dari Simalungun, Tari Kiprah Glipang dari Jawa Timur, Sintren Pekalongan, Kaliandaqdaq dari Sulawesi Barat, Zapin Siak Sri Indrapura dari Kepulauan Riau, Benjang dari Jawa Barat, Itarmuli dari Lampung Tengah, Torompio dari Sulawesi Tengah, dan Oglek dari Yogyakarta. Masih banyak pertunjukan hingga menjelang magrib dan diteruskan seusai salat magrib. Di panggung utama Istora, sajian-sajian pertunjukan lintas-etnis ditampilkan dengan menarik. Durasi dipertimbakan agar tidak membosankan (biasanya pertunjukan seni tradisi berdurasi lama/panjang). Di antaranya ada Dideng dari Jambi, Ringgit Bengkulu, Zikir Berdah Muaro Jambi, Suliikng Dewa dari Dayak Benuaq, Tari Gong dan Tari Perang dari Dayak Bahau Kalimantan Timur, Babiola dari Sumatera Barat, dan Tari Sambut Muara Enim.

Penetapan warisan budaya takbenda yang saya ikuti prosesnya sejak tahun 2013, ketika Dirjen Kebudayaan Kemdikbud dijabat Kacung Marijan, masih aman hingga tahun ini, namun belum tentu aman pada tahun-tahun mendatang jika kita semua tidak berkomitmen untuk menjaganya. Banyak orang antitradisi, apalagi jika tradisi itu menyerempet agama Islam, siap-siap saja dituding musyrik. Padahal banyak tradisi justru menjadi wasilah untuk mendekatkan diri kepada Tuhan, tanpa meninggalkan syariat. Banyak tradisi mampu menjadi peredam konflik. Lebih jauh lagi, pengakuan atas tradisi-tradisi dalam wujud karya budaya itu meneguhkan semangat kenusantaraan.

1086 Warisan Budaya

Karya budaya yang ditetapkan menjadi warisan budaya takbenda Indonesia sejak tahun 2013 hingga 2019 mencapai 1.086. Perinciannya, 77 warisan budaya pada tahun 2013, lalu 96 warisan budaya (2014), 121 warisan budaya (2015), 150 warisan budaya (2016), 150 warisan budaya (2017), 225 warisan budaya (2018), dan 267 warisan budaya (2019).

Angka tersebut baru seperdelapan dari jumlah karya budaya yang tercatat (pencatatan dilakukan dari tahun 2010 hingga 2018), yakni 8.920 karya budaya. Ribuan karya budaya tersebut baru sebatas diketahui nama dan bentuknya namun belum didata lebih lanjut mengenai sejarah keberadaannya, nama-nama pelaku atau penampilnya, generasi pertama yang mewariskan, daerah penyebaran, makna dan filosofi, hingga pemertahanan dan pengelolannya.

Tim ahli Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia 2019 diketuai oleh Basuki Teguh Yuwono (pengajar di ISI Surakarta). Para ahli meliputi Yophie Septiady (pengajar di Program Pascasarjana Kajian Wilayah Perkotaan Universitas Indonesia), Pudentia MPSS (pengajar di Kajian Tradisi Lisan UI, Ketua Umum Asosiasi Tradisi Lisan), Mukhlis PaEni (pengajar di Pascasarjana Ilmu Pengetahuan Budaya UI), Sulistyo S Tirtokusumo (ahli seni pertunjukan tradisional, koreografer senior), Gunawan Tjahjono (arsitek senior) , Abdul Latif Bustami (antropolog, pengajar di Program Doktor Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Malang), Wa Ode Siti Marwiyah Sipala (pengajar di Seni Pertunjukan IKJ), Y Argo Twikromo (antropolog), Ary Budiyanto (pengajar di FIB Universitas Brawijaya Malang), M Takari (pengajar etnomusikologi Universitas Sumatera Utara), Sjamsidar Isa (inisiator Yayasan Batik Indonesia, ikon industri mode), Andreas Jefri Deda (Dekan Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Papua).

Pencatatan dan penetapan karya budaya menjadi warisan budaya menjadi makin penting karena Indonesia telah memiliki landasan yang kuat yakni Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 Tentang Pemajuan Kebudayaan. Bahwa pemajuan kebudayaan di antaranya bertujuan untuk mengembangkan nilai-nilai luhur, memperkaya keberagaman budaya, memperteguh jatidiri bangsa, mencerdaskan kehidupan bangsa, melestarikan warisan budaya, dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2007 sebagai dasar hukum ratifikasi Konvensi UNESCO, yakni Convention for Safeguarding of Intangiable Cultural Heritage 2003, mempertajam landasan penetapan warisan budaya takbenda ini, bahwa Indonesia berkomitmen untuk menjalanjan konvensi. Warisan budaya takbenda sesuai ketetapan UNESCO itu meliputi:

  1. Tradisi lisan dan ekspresi (termasuk bahasa sebagai wahana warisan budaya takbenda).
  2. Seni pertunjukan
  3. Adat-istiadat masyarakat, ritus, dan perayaan-perayaan
  4. Pengetahuan dan kebiasaan perilaku mengenai alam semesta
  5. Kemahiran kerajinan tradisional
Baca juga:  Renungan 75 Tahun Indonesia Merdeka: Sejarah Kemerdekaan Indonesia Harus Ditulis Ulang

Seperti dikatakan Dirjen Kebudayaan Kemdikbud Hilmar Farid, warisan budaya takbenda memberikan kontribusi bagi kohesi sosial. Keberadaannya dapat menumbuhkan rasa kebersamaan yang mendorong individu untuk merasa menjadi bagian dari satu komunitas yang berbeda dan menjadi bagian dari masyarakat luas. Warisan budaya takbenda membantu menopang perasaan kebangsaan atau perasaan menjadi bagian dari kebudayaan nasional yang sama. Warisan budaya ini tidak hanya mewakili tradisi warisan masa lalu tetapi juga praktik kebudayaan kontemporer yang dibentuk oleh interaksi berbagai kelompok budaya yang beragam.

Daftar 267 Warisan Budaya Takbenda 2019

NoProvinsiNama Karya BudayaDomain
1AcehMemekKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
2AcehGutelKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
3AcehSiningSeni Pertunjukan
4AcehSilat PelintauTradisi dan Ekspresi Lisan
5Sumatra UtaraTortor SombahSeni Pertunjukan
6Sumatra BaratBabiolaSeni Pertunjukan
7Sumatra BaratTalempong UngganSeni Pertunjukan
8Sumatra BaratTari BentenSeni Pertunjukan
9Sumatra BaratSikereiAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
10Sumatra BaratBotatahAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
11Sumatra BaratArak BakoAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
12Sumatra BaratSongket SilungkangKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
13Sumatra BaratSikambang ManihSeni Pertunjukan
14Sumatra BaratTari KainSeni Pertunjukan
15Sumatra BaratAnak BalamAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
16Sumatra BaratDiki PanoTradisi dan Ekspresi Lisan
17Sumatra BaratPatang BalimauAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
18Sumatra BaratBadampiangTradisi dan Ekspresi Lisan
19RiauBurung KwayangSeni Pertunjukan
20RiauTari CegakSeni Pertunjukan
21RiauZapin Siak Sri InderapuraSeni Pertunjukan
22RiauSyair Surat KapalTradisi dan Ekspresi Lisan
23RiauTepuk Tepung Tawar RiauAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
24RiauDikei SakaiAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
25Kepulauan RiauTradisi Basuh LantaiAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
26Kepulauan RiauTujuh Likur dan Pintu Gerbang LinggaAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
27Kepulauan RiauBerkhatam Al-Qur’an LinggaAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
28Kepulauan RiauSunat MudimAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
29Kepulauan RiauBersih Tembuni LinggaAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
30Kepulauan RiauBela KampongAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
31Kepulauan RiauKue Mueh Pengantin LinggaKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
32Kepulauan RiauKepurun LinggaKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
33Kepulauan RiauTudung Saji Pandan LinggaKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
34Kepulauan RiauPermainan Ambong GileTradisi dan Ekspresi Lisan
35Kepulauan RiauGasing LinggaTradisi dan Ekspresi Lisan
36Kepulauan RiauPermainan Tangkap AyamTradisi dan Ekspresi Lisan
37Kepulauan RiauTam-Tam Buku LinggaTradisi dan Ekspresi Lisan
38Kepulauan RiauLayang-Layang LinggaKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
39Kepulauan RiauKain Lipat 44Keterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
40Kepulauan RiauTuturan Asal Mula Nama Kampung NerekehTradisi dan Ekspresi Lisan
41JambiBetauh PerentakAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
42JambiSungkuKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
43JambiTkudPengetahuan dan kebiasaan perilaku mengenai alam dan semesta
44JambiLubuk LaranganPengetahuan dan kebiasaan perilaku mengenai alam dan semesta
45JambiDidengTradisi dan Ekspresi Lisan
46JambiMalam Tari InaiAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
47JambiNek PungSeni Pertunjukan
48JambiTapa MenggalaTradisi dan Ekspresi Lisan
49JambiDzikir Berdah Muaro JambiSeni Pertunjukan
50JambiTari Ayam BiringSeni Pertunjukan
51Kepulauan Bangka BelitungGangan Buntal DaratKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
52Kepulauan Bangka BelitungLesong KetintongAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
53Kepulauan Bangka BelitungNirok NangokTradisi dan Ekspresi Lisan
54Kepulauan Bangka BelitungPentiaw UbiKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
55BengkuluRingitTradisi dan Ekspresi Lisan
56BengkuluSerunai BengkuluKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
57BengkuluTadutan BengkuluTradisi dan Ekspresi Lisan
58BengkuluTradisi Melemang Adat Perkawinan BengkuluTradisi dan Ekspresi Lisan
59Sumatra SelatanMidangAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
60Sumatra SelatanTanjak PalembangKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
61Sumatra SelatanCak IngklingSeni Pertunjukan
62Sumatra SelatanKelentangan BanyuasinSeni Pertunjukan
63Sumatra SelatanTempoyak PalembangKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
64Sumatra SelatanBenteng-Bentengan Musi RawasTradisi dan Ekspresi Lisan
65Sumatra SelatanTam-Tam Duku Musi RawasTradisi dan Ekspresi Lisan
66Sumatra SelatanTari Sambut Muara EnimSeni Pertunjukan
67LampungMuwagheiAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
68LampungHadra UganSeni Pertunjukan
69LampungNgunduh DamakhPengetahuan dan kebiasaan perilaku mengenai alam dan semesta
70LampungNgejalangTradisi dan Ekspresi Lisan
71LampungTari DibingiSeni Pertunjukan
72LampungTari Ittar MuliSeni Pertunjukan
73LampungRinggetTradisi dan Ekspresi Lisan
74LampungPanggehTradisi dan Ekspresi Lisan
75LampungMukew SahurTradisi dan Ekspresi Lisan
76LampungNgakuk MajuAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
77LampungAdokAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
78LampungBlangiranAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
79LampungBedikekhTradisi dan Ekspresi Lisan
80LampungHahiwangTradisi dan Ekspresi Lisan
81LampungPincak KhakotTradisi dan Ekspresi Lisan
82LampungPengangkonan AnakAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
83LampungTari SelapananSeni Pertunjukan
84DKI JakartaArsitektur Rumah BetawiKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
85DKI JakartaSilat Mustika KwitangTradisi dan Ekspresi Lisan
86DKI JakartaSilat Pusaka DjakartaTradisi dan Ekspresi Lisan
87DKI JakartaSilat TroktokTradisi dan Ekspresi Lisan
88DKI JakartaRabo-RaboAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
89DKI JakartaMandi-MandiAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
90DKI JakartaSate LembutKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
91DKI JakartaPindang Bandeng BetawiKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
92DKI JakartaKetupat Sayur BabanciKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
93DKI JakartaBubur AseKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
94DKI JakartaLaksa BetawiKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
95DKI JakartaKue Akar KelapeKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
96DKI JakartaKue SengkulunKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
97DKI JakartaSelendang MayangKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
98DKI JakartaWak-Wak GungTradisi dan Ekspresi Lisan
99DKI JakartaGalasin BetawiTradisi dan Ekspresi Lisan
100DKI JakartaPetak Umpet BetawiTradisi dan Ekspresi Lisan
101DKI JakartaBentengan BetawiTradisi dan Ekspresi Lisan
102DKI JakartaNujuh Bulanin BetawiAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
103DKI JakartaKetupat Lepas BetawiAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
104DKI JakartaDukun Beranak BetawiPengetahuan dan kebiasaan perilaku mengenai alam dan semesta
105DKI JakartaCongklak BetawiTradisi dan Ekspresi Lisan
106DKI JakartaSilat Sabeni TenabangTradisi dan Ekspresi Lisan
107Jawa BaratBadawangSeni Pertunjukan
108Jawa BaratBajidoranSeni Pertunjukan
109Jawa BaratBelenderanSeni Pertunjukan
110Jawa BaratBenjangTradisi dan Ekspresi Lisan
111Jawa BaratCingcowongAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
112Jawa BaratDomyakSeni Pertunjukan
113Jawa BaratKawin CaiAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
114Jawa BaratPanjang Jimat Kasepuhan CirebonAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
115Jawa BaratReak DogdogSeni Pertunjukan
116Jawa BaratSeren Taun CigugurAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
117Jawa BaratSeren Taun Kasupuhan Banten Kidul, Kabupaten SukabumiAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
118Jawa BaratTari Randu KentirSeni Pertunjukan
119Jawa BaratTopeng BanjetSeni Pertunjukan
120Jawa TengahDolalakSeni Pertunjukan
121Jawa TengahSuran Tutup Ngisor Kabupaten MagelangAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
122Jawa TengahLengger BanyumasSeni Pertunjukan
123Jawa TengahJaranan MargowatiSeni Pertunjukan
124Jawa TengahSintren Kabupaten PekalonganSeni Pertunjukan
125Jawa TengahTari Prajuritan Kabupaten SemarangSeni Pertunjukan
126Jawa TengahNgasa Kabupaten BrebesAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
127Jawa TengahJamu Jawa TengahKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
128Jawa TengahDakon Jawa TengahTradisi dan Ekspresi Lisan
129DI YogyakartaSate Klathak JejeranKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
130DI YogyakartaGerobak Sapi YogyakartaKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
131DI YogyakartaAndong YogyakartaKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
132DI YogyakartaMie LethekKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
133DI YogyakartaTopeng Panji YogyakartaKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
134DI YogyakartaKerajinan Kulit Tatah Sungging YogyakartaKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
135DI YogyakartaKipoKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
136DI YogyakartaDawet Camcau YogyakartaKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
137DI YogyakartaGrowolKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
138DI YogyakartaDawet SambalKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
139DI YogyakartaPewarna Alami YogyakartaPengetahuan dan kebiasaan perilaku mengenai alam dan semesta
140DI YogyakartaSawah SurjanPengetahuan dan kebiasaan perilaku mengenai alam dan semesta
141DI YogyakartaJamasan Pusaka SuroloyoAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
142DI YogyakartaCembengan YogyakartaAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
143DI YogyakartaKampung PituAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
144DI YogyakartaSadranan Logantung GunungkidulAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
145DI YogyakartaSadranan Alas Wonosadi GunungkidulAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
146DI YogyakartaSadranan Gunung Genthong GunungkidulAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
147DI YogyakartaKembul Sewu Dulur Saparan Bendung KhayanganAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
148DI YogyakartaNguras EncehAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
149DI YogyakartaUpacara Adat Tunggul WulungAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
150DI YogyakartaUpacara Buka Cupu Kyai PanjalaAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
151DI YogyakartaJabar JuwesSeni Pertunjukan
152DI YogyakartaLengger TapengSeni Pertunjukan
153DI YogyakartaDagelan MataramSeni Pertunjukan
154DI YogyakartaSrimpi RenggawatiSeni Pertunjukan
155DI YogyakartaSrimpi TejaSeni Pertunjukan
156DI YogyakartaOglekSeni Pertunjukan
157DI YogyakartaDhakon YogyakartaTradisi dan Ekspresi Lisan
158DI YogyakartaSholawat Maulud JawiTradisi dan Ekspresi Lisan
159Jawa TimurMocoan Lontar Yusup BanyuwangiTradisi dan Ekspresi Lisan
160Jawa TimurJaran Kepang Jawa TimurSeni Pertunjukan
161Jawa TimurBantengan Jawa TimurSeni Pertunjukan
162Jawa TimurReog BulkiyoSeni Pertunjukan
163Jawa TimurLarung Sesaji Pantai TambakrejoAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
164Jawa TimurAjaran Samin Surosentiko BojonegoroPengetahuan dan kebiasaan perilaku mengenai alam dan semesta
165Jawa TimurSanggring GumenoAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
166Jawa TimurBesutan JombangSeni Pertunjukan
167Jawa TimurRiyaya Undhuh-Undhuh MojowarnoAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
168Jawa TimurKedhuk BejiAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
169Jawa TimurKethek Ogleng PacitanSeni Pertunjukan
170Jawa TimurKiprah GlipangSeni Pertunjukan
171Jawa TimurKerapan Sapi BrujulPengetahuan dan kebiasaan perilaku mengenai alam dan semesta
172Jawa TimurHodoAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
173Jawa TimurOjhungAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
174Jawa TimurMamaca SitubondoTradisi dan Ekspresi Lisan
175Jawa TimurPengantin Putri JenggoloAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
176Jawa TimurSaronenSeni Pertunjukan
177Jawa TimurJamasan Pusaka Kanjeng Kyai UpasAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
178Jawa TimurGemblak TubanSeni Pertunjukan
179BaliKerajinan Perak CelukKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
180BaliAsta Kosala KosaliPengetahuan dan kebiasaan perilaku mengenai alam dan semesta
181BaliBaris Sumbu Desa Adat SemanikAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
182BaliGerabah Banjar Basang TamiangKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
183BaliMabuug Buugan Desa Adat KedongananAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
184BaliNgaro Banjar Medura Intaran SanurAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
185BaliLegong BinohSeni Pertunjukan
186BaliJanger Kedaton Sumerta dan Pegok SesetanSeni Pertunjukan
187BaliSate RentengKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
188BaliUsaba Dimel Desa Adat SelatAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
189BaliCakepung BudhakelingSeni Pertunjukan
190BaliPentingSeni Pertunjukan
191BaliNgrebeg Keris Ki Baru GajahAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
192BaliPengalantakaPengetahuan dan kebiasaan perilaku mengenai alam dan semesta
193BaliBaris JangkangAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
194BaliGambuh Desa Adat TumbakbayuhSeni Pertunjukan
195Nusa Tenggara BaratKayaq SandonganSeni Pertunjukan
196Nusa Tenggara BaratTari SirehSeni Pertunjukan
197Nusa Tenggara TimurIkat Tenun SikkaKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
198Nusa Tenggara TimurMangenjingAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
199Nusa Tenggara TimurAla BaloeAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
200Nusa Tenggara TimurKebalaiSeni Pertunjukan
201Nusa Tenggara TimurGawiAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
202Kalimantan UtaraDolopAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
203Kalimantan UtaraMamatAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
204Kalimantan UtaraPekibanAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
205Kalimantan TimurGenikngSeni Pertunjukan
206Kalimantan TimurGanjurSeni Pertunjukan
207Kalimantan TimurTari GongSeni Pertunjukan
208Kalimantan TimurKelentangan Kutai BaratSeni Pertunjukan
209Kalimantan TimurTari Perang Dayak Bahau SaqSeni Pertunjukan
210Kalimantan TimurSuliikng DewaSeni Pertunjukan
211Kalimantan TimurTari Dewa MemanahSeni Pertunjukan
212Kalimantan TimurNgerangkauAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
213Kalimantan TimurSapeq Kalimantan TimurSeni Pertunjukan
214Kalimantan TimurNgarangAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
215Kalimantan BaratIkan Asam Pedas PontianakKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
216Kalimantan BaratTandak SambasSeni Pertunjukan
217Kalimantan BaratSaprahan SambasAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
218Kalimantan BaratSenggayong SukadanaKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
219Kalimantan BaratRatip Saman SambasSeni Pertunjukan
220Kalimantan BaratTari Lesong MualangSeni Pertunjukan
221Kalimantan BaratTemetKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
222Kalimantan BaratPengerihTradisi dan Ekspresi Lisan
223Kalimantan BaratKawen Adat Samagat Dayak TamambalohAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
224Kalimantan SelatanNasi AstakonaKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
225Kalimantan SelatanArsitektur Rumah LantingKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
226Kalimantan SelatanBagasing Kalimantan SelatanKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
227Kalimantan SelatanAnyaman Purun Kalimantan SelatanKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
228Kalimantan SelatanKurung-kurungKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
229Kalimantan SelatanBawanangAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
230Kalimantan SelatanItatamba BanuaAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
231Kalimantan SelatanMa’iwuuAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
232Kalimantan SelatanNimbukAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
233Sulawesi SelatanKondobulengTradisi dan Ekspresi Lisan
234Sulawesi SelatanMassulo BeppaAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
235Sulawesi SelatanMaccera TasiAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
236Sulawesi SelatanDidekTradisi dan Ekspresi Lisan
237Sulawesi SelatanSalokoaAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
238Sulawesi TengahNobaliaAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
239Sulawesi TengahGuma Sulawesi TengahKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
240Sulawesi TengahLaloveKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
241Sulawesi TengahTorompioSeni Pertunjukan
242Sulawesi TengahVainoTradisi dan Ekspresi Lisan
243Sulawesi UtaraGundeSeni Pertunjukan
244Sulawesi UtaraCakalang Fufu Sulawesi UtaraKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
245Sulawesi UtaraWale WangkoKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
246Sulawesi UtaraSopulutKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
247Sulawesi BaratKaliandaqdaqTradisi dan Ekspresi Lisan
248Sulawesi BaratSibaliparriPengetahuan dan kebiasaan perilaku mengenai alam dan semesta
249Sulawesi BaratPande BassiKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
250Sulawesi BaratPakacaping TommuaneSeni Pertunjukan
251Sulawesi BaratPannetteKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
252GorontaloUpiya KaranjiKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
253GorontaloMolontaloAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
254GorontaloMohuntingoAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
255GorontaloTidi Lo o’ayabuSeni Pertunjukan
256GorontaloIlabuloKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
257GorontaloTiliayaKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
258GorontaloTepa TonggoTradisi dan Ekspresi Lisan
259MalukuBametiPengetahuan dan kebiasaan perilaku mengenai alam dan semesta
260Maluku UtaraAdat Pia BakaiAdat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan
261Maluku UtaraHalua Kanari Maluku UtaraKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
262Maluku UtaraLaka BakaSeni Pertunjukan
263Maluku UtaraBela YaiSeni Pertunjukan
264PapuaMbitoroKeterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional
265Papua BaratWalaSeni Pertunjukan
266Papua BaratSrarSeni Pertunjukan
267Papua BaratOrokSeni Pertunjukan
Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Scroll To Top