Sedang Membaca
Sajian Khusus: Pendidikan Pesantren
Redaksi
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Sajian Khusus: Pendidikan Pesantren

Whatsapp Image 2022 10 25 At 21.26.28

Empat hari yang lalu sebagian besar muslim di Indonesia telah merayakan peringatan Hari Santri. Khususnya kalangan pesantren. Santri dan pesantren selalu menarik diperbincangkan setiap tahunnya dalam agenda nasional. Mengingat perjalanan kemerdekaan bangsa Indonesia tidak bisa terlepas dari peran para santri.

Sajian Khusus kali ini, kita kedatangan tamu spesial, yang kini menjadi Pengasuh di SD MBS Prambanan Yogyakarta. Sudah ketiga kalinya ini, Arif Yudistira menulis di kolom Sajian Khusus. Kolom sebelumnya bisa dibaca di sini (Semesta Muhammad Iqbal, Menari Bersama Kekasih).

Ada enam bagian tulisan yang diulas oleh Arif Yudistira. Di antaranya tentang metode, sistem, dan materi ajar di pesantren, tradisi sanad dan mentalitas santri, corak pendidikan pesantren, serta kepemimpinan dan keteladanan di pesantren.

Keenam sub tema yang dikupas tersebut dari dulu hingga sekarang selalu relevan untuk diperbincangkan, terlebih dalam nuansa Hari Santri Nasional. Terima kasih Arif atas ulasannya, semoga bermanfaat.

Terima kasih juga kami sampaikan kepada pembaca Alif.id yang sudah membagikan tulisan-tulisan dari laman Alif. Semoga bermanfaat dan menjadi jariyah.

Akhirul kalam, selamat membaca!

Redaksi

Baca juga:  Mencari Esais Muda Pesantren (1): Tekad Alif.ID Cetak Penulis Muda Santri Ma’had Aly
Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top