Sedang Membaca
Prof. Dr. Yunahar Ilyas, Ulama Muhammadiyah Wafat di Usia 63 Tahun
Redaksi
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Prof. Dr. Yunahar Ilyas, Ulama Muhammadiyah Wafat di Usia 63 Tahun

1 A Yunahar

Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un telah berpulang ke Rahmatullah Prof. Dr Yunahar Ilyas ulama besar dari Muhammadiyah. “Prof. Dr. KH. Yunahar Ilyas,Lc Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada tanggal 2 Januari pukul 23.47 di RS. Sarjito Yogyakarta,” demikian kabar dari @muhammadiyah, akun resmi Twitter milik Pengurus Pusat Muhammadiyah.

Almarhum yang lahir 22 September 1956 di Bukittinggi, Sumatra Barat, adalah aktivis dan ulama tulen Muhammadiyah. Ia mengabdi di Muhammadiyah sejak tahun 1986.

Iklan - Lanjutkan Membaca Di Bawah Ini

Posisinya di Pimpinan Pusat Muhammadiyah sejak periode 2005 hingga 2020 adalah ketua. Sebelum itu, Buya Yunahar menjadi Ketua Majelis Tabligh dan Dakwah Khusus PP Muhammadiyah, yakni pada periode 2000-2005.

Oleh para koleganya, almarhum dikenal sebagai orang yang mencintai budaya Indonesia, karena memang berasal dari daerah yang kuat tradisi lokalnya, yaitu tanah Minang.

“Sebagai alumni Saudi Arabia, Bpk selalu menolak untuk melakukan imitasi berpakaian perilaku Arab, seperti yang dilakukan para Salafy di Indonesia. Bapak selalu memakai celana isbal (dipanjangkan sampai mata kaki), tidak memakai aksesoris Arab, tidak menunjukkan bekas sujud di jidat, dan berjenggot ala Salafy,” tulis Najib Burhani, koleganya di PP Muhammadiyah.

Dalam obituari yang ditulis di Facebook, Najib mengatakan bahwa almarhum yang selalu memberi penegasan dan pemaknaan terhadap gagasan “Islam Berkemajuan”. “(Islam berkemajuan sebagai jargon, red.) Muhammadiyah berada pada gagasan dan ide. Islam Berkemajuan tidak terikat pada lokasi, tapi pada gerak,” tulis Najib.

Baca juga:  Ihwal Ditinggal Istri: dari HB Jassin, Dawam Rahardjo hingga Opick

Riwayat pendidikan almarhum (sember Wikipedia):

1. Lulus Sekolah Dasar Negeri Taluk I, Bukittinggi (1968)

2. Lulus Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) 4 tahun, Bukittinggi (1972)

3. Lulus Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) 6 tahun, Padang (1974)

4. Sarjana Muda (Bachelor of Arts), Jurusan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Imam Bonjol, Padang (1978)

5. Lisence (Lc), Fakultas Ushuluddin, Universitas Islam Imam Muhammad Ibnu Su’ud, Riyadh, Saudi Arabia (1983)

6. Sarjana (Doktorandus), Jurusan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol), Padang (1984)

7. S2 (Magister Agama Islam) Aqidah dan Filsafat, Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri IAIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta (1996)

8. S3 (Program Doktor) Ilmu Agama Islam, Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta (2004)

Selamat jalan, Buya Yunahar.. Semoga husnul khotimah dan Allah memberi tempat mulia….

 

Iklan - Lanjutkan Membaca Di Bawah Ini
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top