Sedang Membaca
Muhammadiyah Luncurkan Kembali Karya Mitsuo Nakamura
Alif.ID

Berkeislaman dalam Kebudayaan

Pendaftaran Workshop Menulis

Muhammadiyah Luncurkan Kembali Karya Mitsuo Nakamura

Redaksi
Muhammadiyah Luncurkan Kembali Karya Mitsuo Nakamura

Emeritus Profesor dari Chiba University, Jepang Mitsuo Nakamura akan meluncurkan kembali buku Bulan Sabit Terbit di Atas Pohon Beringin di kantor Pengurus Pusat Muhammadiyah, Menteng Jakarta Pusat, Jumat, 6 Oktober 2017.

Iklan - Lanjutkan Membaca Di Bawah Ini

“Muhammadiyah menerbitkan kembali karya Nakamura ini karena tidak ada monograf serius dari orang asing tentang Muhammadiyah. Berbagai perubahan yang terjadi Muhammadiyah sejak 1998 belum banyak disentuh, baik terkait pendidikan, kesehatan, dan kegiatan filantropi. Sekarang ini, edisi lama dari buku itu tidak mudah dijumpai,” demikian dijelaskan Najib Burhani.

Terbitan baru ini merupakan pengembangan dari buku yang pernah terbit di tahun 1983 oleh UGM Press  dengan judul Bulan Sabit Muncul dari Balik Pohon Beringin: Studi Tentang Pergerakan Muhammadiyah di Kotagede.

Buku babon tentang Muhammadiyah kali ini diterbitkan oleh UMY Press, sekaligus juga menandai peluncuran penerbit resmi milik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini. Nakamura meneliti Muhammadiyah guna mendapatkan PhD di Cornell University, Amerika Serikat. Aslinya buku tersebut berupa disertasi berjudul The crescent arises over the banyan tree: a study of the Muhammadijah movement in a Central  Javanese town, tahun 1976.

“Separuh buku ini adalah karya lama Nakamura yang terkenal itu. Separuhnya lagi kajian baru. Ini adalah buku lama yang diperpanjang, direvisi dan diperluas. Ditambah penelitian baru hingga 2010. Edisi Inggris diterbitkan ISEAS 2012,” kata Najib Burhani.

Baca juga:  Stop Membeli Buku Bajakan!

Yang jelas, kata Burhani, yang belum dibaca dan diketahui orang dari buku itu adalah kritik-kritiknya yang sangat tajam terhadap Muhammadiyah. Tapi itu disampaikan dengan halus.

“Hampir seluruh isi halaman akhir buku adalah masukan dan kritik,” tulis aktivis Muhammadiyah yang juga peneliti LIPI melalui Whatsapp kepada alif.id tadi pagi. Najib Burhani sebetulnya panitia inti dalam acara peluncuran buku tersebut, tapi dia masih di Singapura.

Peluncuran dan bedah buku akan dilaksakan pada hari Jumat di Aula PP Muhammadiyah Menteng, Jakarta Pusat, pukul 13.00 sampai selesai. Selain Mitsuo Nakamura, akan hadir sebagai pembicara Ketua Umum PP Muhammadiyah Haidar Nasir, Abdul Munir Mulkhan, Hajriyanto Y. Thohari, dan Amich Alhumami. (hs)

Lihat Komentar (0)

Komentari

Iklan - Lanjutkan Membaca Di Bawah Ini
Scroll To Top