Sedang Membaca
Bedah Buku: Menelusuri Warna-warni Pemikiran Muslim Masa Kini
Redaksi
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Bedah Buku: Menelusuri Warna-warni Pemikiran Muslim Masa Kini

Img 20210426 Wa0000

Filsafat Islam adalah mata kuliah wajib di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), baik di swasta atau negeri. Di sana setiap mahasiswa diperkenalkan dengan berbagai khazanah pemikiran Islam yang tersebar di berbagai sudut dunia. Bentang persebaran Islam yang menjangkau seluruh dunia menghasilkan dinamika produk pemikiran yang tak kalah mencerahkan, jika kita bandingkan dengan cerita-cerita perang penaklukan wilayah.

Jika Islam dulu kajian filsafat Islam masih berkelindan dengan luas wilayah persebaran agama, bagaimana dengan sekarang ketika sepertinya tidak ada wilayah di dunia ini yang tak tersentuh dengan agama Islam? Jawaban singkat yang bisa kita dapatkan adalah warna-warni khazanah pemikiran Islam tentu lebih kaya dan kompleks jika dibanding masa sebelum berdirinya negara-bangsa.
Pada bulan puasa dalam masa pandemi dan musim Lockdown tahun lalu, Zacky Khairul Umam atau lebih akrab dikenal dengan Zacky menuliskan beberapa tokoh pemikir muslim masa kini. Ada nama yang populer hingga di Nusantara namun ada juga yang belum dikenal banyak oleh pengkaji pemikiran Islam di Indonesia.

Nama-nama seperti Khaled Abou el-Fadl, Hassan Hanafi, dan Amina Wadud mungkin sudah akrab di telinga atau mata para pengkaji pemikiran Islam di Indonesia, terlebih buku-buku dan hasil karya pemikiran lainnya sudah lama dapat diakses.

Baca juga:  Sabilus Salikin (41): Wali yang Jumlahnya Tetap pada Tiap Zaman (2)

Sebaliknya, nama-nama seperti Zahra Ayyubi, Sari Nusseibeh, Ridwan al-Sayyid dan masih banyak pemikir-pemikir muslim yang masih asing di sebagian peminat di Indonesia.

Buku yang diterbitkan Alif.ID dengan judul Renungan Pemikir Muslim Dunia: Filsafat, Sastra, Politik tersebut akan menjadi bagian dari khazanah pemikiran Islam di Indonesia. Bukan saja menjadi perkenalan awal dari para pemikir muslim di berbagai belahan dunia, karya Zacky Umam itu akan menghadirkan berbagai diskursus baru yang sedang ramai diperdebatkan di dunia Islam.

Bekerjasama dengan Alif.ID selaku penerbit buku, komunitas Jaringan Gusdurian Banjarmasin akan menyelenggarakan obrolan santai mengulas karya dari Zacky Umam tersebut. Kegiatan ini akan dilaksanakan lewat siaran langsung via Instagram selepas Isya, atau pukul 21:00 Wita atau 20 WIB pada  Rabu, 28 April 2021.

Obrolan santai yang akan berlangsung 60 menit ini menghadirkan Zacky Umam selaku penulis buku dan Hamzah Sahal dari Alif.id.

Selain para pemantik di atas, ada Arif Budiman selaku koordinator dan Dewi Mastuarina sebagai penggiat komunitas Jaringan Gusdurian Banjarmasin yang akan meramaikan obrolan yang akan dihelat lusa depan. Pastinya mereka semua mengulik buku Renungan Pemikir Muslim Dunia pada Rabu depan, pasti memberikan informasi dan informasi menarik lainnya dari karya Zacky Umam tersebut.

Baca juga:  Mengenal Kitab Pesantren (26): Kalau Ingin Mendapatkan Istri Sholihah Harus Hafal Alfiyyah Ibnu Malik

Komunitas Jaringan Gusdurian Banjarmasin mengajak untuk mengikuti, meramaikan dan aktif dalam obrolan tersebut. Untuk lebih memudahkan anda untuk mengingat kegiatan tersebut dan mendapatkan informasi terkait kegiatad dari komunitas Gusdurian Banjarmasin sila ikuti akun instagram @gusdurian.banjarmasin.

Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Scroll To Top