Hamzah Sahal
Penulis Kolom

Founder Alif.ID. Menulis dua buku humor; Humor Ngaji Kaum Santri (2004) dan Ulama Bercanda Santri Tertawa (2020), dan buku lainnya

Humor Gus Dur Tentang Kalender Pergantian Tahun

Fb Img 1609330056515

Pemerhati humor Indonesia Tri Agus Susanto mengunggah guyonan Gus Dur di Facebook tentang santri yang ingin menghemat uang 15 ribu agar bisa untuk sebulan.

Ini sebetulnya humor lawas, tapi karena bentuknya komik, maka jadi segar, juga relevan karena sekarang ini akhir tahun, besok tanggal 1 Januari 2021, semua orang akan mengganti kalendernya dengan yang baru, jika sudah punya tentunya (yang belum punya cukup kalender di ponsel, cuma memang belum ada Wage, Kliwon dan seterusnya).

“Kayaknya punya Benny dan Mice,” jawab Tri Agus Susanto saat saya tanya siapa yang buat komik tersebut. Konten humor Gus Dur jadi empat frame.

Apa isi komik tersebut?

Frame pertama:

Seorang santri berkopiahrbaju hijau datang ke Gus Dur menunjukkan uang 15 ribu. Di frame ini Gus Dur sudah ditampilkan, berkaos, bersarung, dan berkopyah, dengan mimik yang kalem, meski mendapat pertanyaan berat: “Gus, ‘gimana caranya menghabiskan uang 15 ribu dalam sebulan?”

“Hehehe..” respon Gus Dur.

Frame kedua:

Hanya menampilkan gambar Gus Dur dengan karakter, sekali lagi, kalem. Ciri Gus Dur saat berbicara, tubuh Gus Dur memang tidak banyak bergerak, kecuali saat tertawa, tubuhnya baru tampak terguncang. Yang berputar-putar pikirannya.

“Jangankan SEBULAN, duit 15 ribu bisa ente pakai dalam SETAHUN,” begitu jawab Gus Dur.

Baca juga:  Kisah Nyata: Santri Menghormati Ayam Kiai

Frame ketiga:

Menampilkan gambar santri (karakternya memang santri. Yang gak punya duit memang santri) yang bertanya tadi. Dia terkejut sambil menunjukkan uang. Dia bertanya girang, “Wow!!? ‘Gimana caranya, Gus?”

Frame keempat:

Sosok Gus Dur tampil dari ujung kaki hingga kopiah. Sarung hijaunya amat mencolok. Tangan kanannya memegang kalender 2021. Dia jawab pertanyaan si santri: “Beliin aja kalender!!”

Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
2
Ingin Tahu
1
Senang
2
Terhibur
2
Terinspirasi
1
Terkejut
1
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top