Sedang Membaca
Salat dengan Melepas Barang-Barang
Agus M Zaki
Penulis Kolom

Pengasuh Pondok Pesantren Al Masruriyyah Tebuireng Jombang.

Salat dengan Melepas Barang-Barang

Di suatu malam, saya dalam perjalanan pulang dari Surabaya ke Jombang. Saya sempatkan mampir di sebuah masjid di Gambiran Mojoagung untuk Salat Isya. Tidak melewati tol karena rombongan mau mencoba mi Pak Ali yang konon rasanya menggugah selera dan berada di daerah Mojoagung. Eh, ndilalah kok gak jualan.

Tapi ada hal yang menarik perhatian saya ketika di masjid tadi. Ada seseorang yang ketika hendak salat, melepas semua barang yang ada di badannya kecuali celana dan baju.

Dompet, kunci, hp, rokok, korek, cincin, dan semua dilepas dan diletakkan di tempat yang aman. Padahal biasanya dompet, kunci dan barang-barang kecil, kita taruh di saku jika kita akan salat.

Sepertinya, orang ini menganggap tidak perlu ada barang-barang yang tidak ada hubungannya dengan Allah SWT ada di badan ketika dia salat. Apalagi barang-barang tersebut hanya lambang kecintaan dunia saja.

Jika pikiran saya ini benar, hebat sekali orang ini, hanya membawa kekhusyukan ketika sedang menghadap Allah. Apalagi dalam hp ada video atau gambar yang tidak pantas…

Baca juga:  Syams-e Tabriz, Sufi Misterius di Balik Nama Besar Rumi
Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top