Sedang Membaca
Wali yang Doanya Sia-sia
Rizal Mubit
Penulis Kolom

Guru Ngaji di Kampung. Pengajar di Institut Keislaman Abdullah Faqih Manyar Gresik, Jawa Timur. Alumni Pusat Studi Qur'an Ciputat dan Pascasarjana IAIN Tulungagung prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir. Menulis sejumlah buku bertema keislaman. Peneliti Farabi Institute.

Wali yang Doanya Sia-sia

Hafsyah Hawa 20201108 111143 0

Di dalam kitab Zaadul Masir fi Ilmi Tafsir karya Syekh Ibnu Qayyim Al-Jauziyah dikisahkan ada seorang wali yang istimewa. Di antara keistimewaannya, dia diberi tiga doa yang pasti dikabulkan oleh Allah Swt.

Suatu ketika istri sang wali mengetahui karamah suaminya. Sehingga istri minta didoakan oleh suaminya. Sebagai istri seorang ulama, permintaannya cukup unik. Bahkan bisa dibilang, harapan istrinya ini sama halnya dengan keinginan banyak perempuan. Yakni, dia ingin agar wajahnya menjadi cantik.

“Kang Mas, mohon mintakan kepada Allah agar wajahku menjadi cantik.” Pinta istri.

Wali tersebut mengiyakan permintaan istrinya. Lalu dia berdoa.

“Ya Allah, saya minta agar wajah istriku menjadi cantik.”

Beberapa saat kemudian istri ulama yang awalnya tak cantik ini seketika menjadi cantik jelita tanpa harus pergi ke salon kecantikan.

Sayangnya, setelah menjadi cantik, istri ulama ini menjadi menarik perhatian banyak laki-laki karena kecantikannya. Sampai suatu waktu dia ketahuan menjalin hubungan dengan lelaki lain.

Setelah mengetahui istrinya menjalin hubungan dengan lelaki lain, ulama tersebut marah. Kemudian dia berdoa kepada Allah agar istrinya wajahnya menjadi buruk rupa, lebih buruk dari sebelumnya.

“Ya Allah, ubahlah wajah istriku menjadi buruk rupa.”

Doa yang kedua ini terkabul langsung sehingga istrinya menjadi buruk rupanya.

Baca juga:  Abdurrahman ibn Auf: Sahabat Crazy Rich yang Membeli Surga

Mengetahui dirinya menjadi buruk wajahnya, istri menyesali perbuatannya. Dia meminta maaf kepada suaminya. Kemudian dia minta didoakan agar kembali seperti semula.

Doa ketiga pun dipanjatkan. Istri kembali seperti sedia kala.

Akhirnya tiga doa yang dipanjatkan oleh wali tersebut menjadi sia-sia karena perbuatan istrinya.

 

Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
1
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
1
Terkejut
1
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top