Sedang Membaca
Ulama Banjar (164): Guru H. Mochjar Dahri
Redaksi
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Ulama Banjar (164): Guru H. Mochjar Dahri

Guru H. Mochjar Dahri

(L. 17 April 1953)

KH. Mochjar lahir di Kandangan pada tanggal 17 April 1953. Dari perkawinannya dengan Hj. Faridah, beliau dikaruniai dua orang anak yaitu Muhammad Irhamni dan Muhammad Irfan Amara Bittaqwa. Beliau tinggal di jalan Bigjen Hasan Baseri No.1 RT.03/RK.I Kandangan.

Pendidikannya dimulai dari SDN, SMPN, SMA Negeri Kandangan, kemudian melanjutkan ke Pondok Pesantren Modern Gontor Ponorogo, dan kuliah di Institut Pendidikan Darussalam Gontor Ponorogo. Kini beliau memimpin Pondok Pesantren Ibnu Mas’ud Putera. Dalam kehidupan berorganisasi pernah menjadi Ketua Umum MUI Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Pengurus Masjid Agung At-Taqwa Kandangan.

Buku Kiai Said

Bidang pekerjaan yang ditekuni H. Mochjar adalah menyelenggarakan Majelis Taklim, mengajar di Pondok Pesantren Ibnu Mas’ud, berdakwah ke daerah terpencil antara lain Loksado. Pertanian dan perkebunan merupakan kegiatan beliau sehari-hari. Karya monumentalnya adalah mendirikan Pondok Pesantren Ibnu Mas’ud.

Beliau juga rajin menulis, beberapa buku di antaranya adalah: al-Tasawuf fī hayāt al-muslimīn, Mursyid al-Ibād, ‘Aqīdat al-Mu’min.

Semboyan hidup beliau adalah “Hidup berjasa dan jangan minta penghargaan atas jasa”. Tausiah  H. Mochjar, Tiga hal yang menjadikan hidup baik yaitu: Iman kepada Allah dan Rasul-Nya, Tauhid, dan Keyakinan akan hari akhirat.

Sumber Naskah: Tim Penulis LP2M UIN Antasari Banjarmasin dan MUI Provinsi Kalimantan Selatan.

Baca juga:  Ulama Banjar (39): KH. Gurdan Hadi
Buku Tasawuf

Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top