Redaksi
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Solidaritas untuk Palestina

6yio5d5wgwo3mmp8ngrkc1nmrelwvhh7fwca5xac

Palestina kembali berduka, tepatnya ketika aparat kepolisian Israel menyerang warga sipil Palestina, yang teradi pada malam 27 Ramadhan 1442 H di Masjid Al-Aqsa, Jum’at 7 Mei 2021.

Pada peristiwa tersebut, aparat kepolisian Israel dilaporkan membubarkan dan menyerang jama’ah Masjid Al-Aqsa dengan menggunakan granat kejut dan bom gas, ketika jama’ah tengah menunaikan sholat Isya dan Tarawih

Penyerangan tersebut mengakibatkan ratusan warga Palestina luka-luka, dan tentu melukai kemanusiaan kita juga sebagai anak-bangsa Indonesia, yang sudah lama mendukung kedaulatan dan kemerdekaan penuh untuk bangsa Palestina (Filistin).

Nahdlatul Ulama (NU) sebagai sebuah organisasi, sejak tahun 1937, berjuang untuk kemerdekaan bangsa Filistin, pascapendudukan Israel—tepatnya dua dekade setelah terjadi Deklarasi Balfour (1918) yang membuat orang-orang Yahudi sedunia ke tanah harapan atau tanah perjanjian, yang pada waktu itu sudah ditinggali bangsa Filistin (sumber: Tirto.id).

Pada Muktamar ke-13 NU di Menes, Banten (tahun 1938), NU kembali menegaskan dukungan atas kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sebagai sebuah bangsa yang merdeka.

Saat itu, NU menginstruksikan seluruh Nahdliyin untuk mengumpulkan sumbangan dana bagi yatim dan janda duafa di Palestina. Surat instruksi itu dimuat di Berita Nahdlatoel Oelama No.1 Tahun ke-8, Edisi 8 Ramadhan 1357 H atau 1 November 1938.

Hari ini, mari kita kembali bangun dan kuatkan solidaritas sebagai bangsa Indonesia, untuk membantu saudara-saudara kita di Palestina yang menjadi korban penyerangan aparat kepolisian Israel, yang sedang menderita, luka-luka, dan terus mengalami trauma, terlebih di momen Hari Raya Idul Fitri ini, mereka saudara kita mesti pergi mengungsi, mencari tempat yang lebih aman dari penyerangan.

Mari bersama terus teguhkan pendirian untuk menyampaikan pandangan dan sikap bahwa Palestina adalah bangsa yang berdaulat; mari kita kirimkan doa, Qunut Nazilah, atau Hizib Nashar, serta bantuan donasi sebagai bentuk solidaritas kita untuk bangsa Palestina.

Maka itu, mari kita kirimkan doa, Qunut Nazilah, atau Hizib Nashar, serta bantuan donasi sebagai bentuk solidaritas kita untuk bangsa Palestina, dengan cara klik tautan berikut ini.

Baca juga:  Lahir dari Keresahan, Santri Hub Luncurkan Gerakan Santri Masuk PTN

Donasi juga bisa disalurkan dengan metode transfer bank melalui rekening di bawah ini:

– BCA 0680100900 a/n. Yayasan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah NU
– Mandiri 1230004838977 a/n. LAZISNU
– BSI ex Bank Syariah Mandiri 7779876777 a/n PP LAZISNU NON ZAKAT

Sertakan kode unik Solidaritas untuk Palestina: 009. (contoh: Rp. 100.009)
Konfirmasi via WhatsApp (WA): 0813 9800 9800

Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
1
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Scroll To Top