Sedang Membaca
Sajian Khusus: Syekh Yasin Al-Fadani dan Ilmu Falak
Redaksi
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Sajian Khusus: Syekh Yasin Al-Fadani dan Ilmu Falak

1

Nama beliau sudah tidak asing oleh sebagian umat islam di Indonesia. Bahkan beliau lebih masyhur di kalangan para ulama Timur Tengah. Sederet masyayikh atau kiai khos di Jawa pernah menimba ilmu kepada beliau, seperti K.H. Maimun Zubair (Sarang, Rembang), K.H. Syafiq Nashan (Kudus), K.H. M. Cholil Bisri (Raudhatu al-Thalibin, Rembang), K.H. Abdullah Faqih (Langitan, Tuban), K.H. Syafi’i Hadzami (Jakarta), K.H. Mahrus Ali (Lirboyo, Kediri), K.H. Abdul Basyir Hamzah (Meranggen, Demak),  dan lain sebagainya.

Ya, beliau adalah Syekh Muhammad Yasin bin Muhammad Isa al-Fadani atau yang lebih masyhur dengan nama Syekh Yasin Al-Fadani. Syekh Yasin dan Ilmu Falak ini akan dikupas oleh seorang pakar falak dan kandidat doktor ilmu falak dari kampus UIN Walisongo Semarang. Kami lebih akrab memanggilnya dengan Syekh Dayat. Beliau akan  mengajak kita semua untuk menyelami kedalaman pemikiran dari Syekh Yasin Al-Fadani terkait ilmu falak (astronomi).

Selain mengenalkan sosok dari Syekh Yasin beserta sanad keilmuan beliau dalam mempelajari ilmu falak, Syekh Dayat juga memaparkan pentingnya kita mempelajari ilmu falak, bahkan di sebagian kampus PTAIN, ilmu falak menjadi bagian yang harus dipelajari pada jurusan tertentu (khusus).

Terima kasih Syekh Dayat yang sudah mengajak kami untuk mengenalkan kembali tokoh dan pemikiran ulama nusantara yang mendunia, semoga bermanfaat. Tak lupa kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pembaca Alif.id yang sudah membagikan tulisan-tulisan yang ada pada laman Alif.id, semoga menjadi ladang jariyah yang terus mengalir. Aamiin.

Baca juga:  Haji dan Seputar Gelar Tuan Guru

Akhirul kalam, selamat membaca!

Redaksi.

Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top