Sedang Membaca
Alhamdulillah, Akhirnya Masyarakat Purbalingga Punya Bioskop Rakyat
Redaksi
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Alhamdulillah, Akhirnya Masyarakat Purbalingga Punya Bioskop Rakyat

Img 20200301 Wa0004.jpg

Bioskop Misbar (gerimis bareng) Purbalingga akan diresmikan pada Jumat malam, 6 Maret 2020 tepat memasuki Bulan Film Nasional. Peresmian ini rencana dihadiri pejabat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Bioskop misbar yang terletak di area Usman Janatin City Park, Jl. Ahmad Yani No. 57 Purbalingga ini merupakan bantuan pemerintah tahun 2019 berupa fasilitasi revitalisasi ruang kreatif dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kepada komunitas film dan ekonomi kreatif lewat Pemerintah Kabupaten Purbalingga. Acara peresmian itu merupakan rangkaian acara hingga Minggu sore, 8 Maret 2020.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Purbalingga Drs. Bambang Widjonarko, M.Si mengatakan, peresmian Bioskop Misbar ini kembali menandai kebangkitan ekonomi kreatif di Purbalingga. “Film sebagai lokomotif ekonomi kreatif akan ditemani ragam sub sektor ekonomi kreatif lainnya di Purbalingga,” ujarnya.

Pada malam peresmian, selain pemutaran film dan video akan digelar pentas “Urap Urip Urup” sebuah kolaboras tari, musik tradisi, musik modern, teater, dan rupa. Turut memeriahkan juga weekend market yaitu pasar UMKM Purbalingga sepanjang rangkaian peresmian.

 

Pada Sabtu siang, 7 Maret 2020 hingga sore pertunjukan seni tradisi Grup Lengger Kinayung Laras dilanjutkan malamnya pemutaran film-film pendek Purbalinggaan. Sementara Minggu pagi, 8 Maret 2020 hingga sore digelar penampilan Komunitas Musik Padamara dan Happy Night Band.

Baca juga:  Film Islam: Potret Anak-anak Penghafal Alquran dari Tiga Negara

Menurut Manajer Program Bioskop Misbar Purbalingga Bowo Leksono, dengan peresmian ini nantinya pengelolaan bioskop sudah mulai berjalan. “Setiap akhir pekan dan hari-hari tertentu akan ada pemutaran film dan pementasan kesenian lainnya,” kata Direktur CLC Purbalingga ini.

Iklan - Lanjutkan Membaca Di Bawah Ini

Bowo melanjutkan, Bioskop Misbar ini terbuka bagi warga Purbalingga bahkan luar Purbalingga untuk berkesenian secara bebas, menampilkan karya-karya seninya lewat kurasi dewan program. “Harapannya, ini mampu menjadi salah satu ruang hiburan yang mengedukasi bagi anak muda dan masyarakat Purbalingga pada khususnya,” jelasnya.

Caprina Puspita, salah satu pengelola Bioskop Misbar Purbalingga mengatakan, keberadaan Bioskop Misbar menambah ruang ekspresi bagi seniman. “Mustinya ini akan menggairahkan karya-karya seni, terutama seni pertunjukan, di Purbalingga,” ungkap guru Wiyata Bakti seni tari ini.

Pengelolaan Bioskop Misbar Purbalingga yang terdiri dari komunitas film dan komunitas kesenian lainnya berada dibawah manajemen Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Obyek Wisata Air Bojongsari (Owabong) yang juga mengelola Usman Janatin City Park Purbalingga.

Pesan Kerudung Bergo
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top