Sedang Membaca
Gus Dur Guru Papua

Penulis adalah mahasiswa STIK Kendal, sekaligus nyantri di Ponpes Al-Hidayah Plumbon Batang.

Gus Dur Guru Papua

Gus Dur Papua

Buku berjudul Gus Dur Guru Papua ini adalah buku kenangan dari masyarakat adat tanah Papua untuk guru bangsa. Bila kita mengikuti masa kepresidenan KH. Abdurrahman Wahid yang singkat (20 Oktober 1999 hingga 23 Juli 2001), bangsa ini sangat pantas menyebut Gus Dur sebagai “Bapak Demokrasi Indonesia”. Karena dalam diri Gus Dur ada nilai-nilai pluralisme, kearifan lokal, toleransi, pendamai, pemersatu sekaligus pembebas.

Penulis menarik kesimpulan itu bukan dari sudut pandang subjektif namun dari sudut pandang yang lebih objektif karena beliau mempunyai jiwa membangun bangsa yang ”Bhineka Tunggal Ika” ini.

Guru bangsa seperti Gus Dur dinilai aneh karena komentar, guyonan, dan segala kebijakannya dianggap berani. Bangsa Indonesia menyaksikan sendiri kepiawaian Gus Dur sebagai guru bangsa yang tak ada duanya di Indonesia, menurut hemat saya. Khusus bagi warga bangsa dalam alam pikiran masyarakat adat tanah Papua, Presiden Keempat Republik Indonesia ini memiliki sikap keberpihakan dialogis dan manusiawi tanpa melahirkan kebijakan pragmatis represif-militeristik.

Gus Dur adalah pahlawan kemanusian. Hidupnya, sikapnya, perbuatannya, dan ajarannya memperlihatkan keberadaan sebagai pahlawan kemanusiaan. Gus Dur sudah menjadi pahlawan kemanusiaan jauh sebelum dia meninggal dunia.

Semoga Gus Dur mengilhami pemimpin Repubik Indonesia, entah siapa orangnya, untuk berjiwa besar dan mampu menyelesaikan masalah Papua secara damai.

Baca juga:  Silsilah Kitab Ushul Fiqh Pesantren

Gus Dur adalah kitab hidup bagi orang Papua. Banyak petuah berharga beliau cetak bagi orang Papua. Gus Dur mengembalikan nama, eksistensi dan kebanggaan manusia Papua supaya mereka tetap menjadi Papua di dalam Indonesia.

Sosok KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur adalah seorang yang kontroversial. Tindakan demi tindakan yang dia lakukan terkadang kurang dimengerti oleh banyak orang, tapi setelah beberapa waktu, kita baru menyadari bahwa apa yang dilakukannya sangat berguna bagi kepentingan bangsa ini. Berprinsip pada nilai dan hati nurani.

Dikatakan, apa yang dilakukan Gus Dur di tanah Papua yang direkam dalam buku “Gus Dur Guru Papua” ini adalah sebagian kecil dari jasa-jasa Gus Dur bagi bangsa ini. Selamat membaca!

Judul      : Gus Dur Guru Papua

Pengarang : Titus Pekei

Penerbit     : PT. Suara Harapan bangsa

Tebal buku: 300 hlm

Cetakan     : Cet.1 Maret 2014

 

 

 

 

 

Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top