Sedang Membaca
Humor Gus Dur: Mahfud Tidak Bisa Menolak Jadi Menhan
Hamzah Sahal
Penulis Kolom

Founder Alif.ID. Menulis dua buku humor; Humor Ngaji Kaum Santri (2004) dan Ulama Bercanda Santri Tertawa (2020), dan buku lainnya

Humor Gus Dur: Mahfud Tidak Bisa Menolak Jadi Menhan

Kabinet Joko Widodo-Ma’ruf Amin mengagetkan? Mungkin iya, meski relatif juga. Tapi era Presiden Gus Dur-Megawati sebetulnya tak kalah mengagetkan. Salah satunya saat Gus Dur memilih akademisi, sipil, dan ahli hukum menjadi Menteri Pertahanan. Siapa yang dipilih Gus Dur?

Tak lain dan tak bukan Mahfud MD. Dipilihnya dia jadi Menhan menggegerkan kalangan tentara, karena selama ini itu posisi para jenderal. Tapi bagi orang sipil ini kabar gembira, karena akan menyempurnakan langkah politik demiliterisasi.

Mahfud sempat menolak dengan melontarkan pertanyaan, “Menteri Pertanahan mungkin, Gus?”. Posisi menteri pertanahan memang masih cocok dengan latar belakang pendidikan orang Madura ini. Dan bagi Mahfud yang belum berpengalaman, resiko menteri pertanahan relatif lebih rendah daripada menteri pertahanan. Tapi ternyata Gus Dur menginginkan Mahfud yang dosen UII itu menjadi menteri pertahanan.

Pada menit-menit terakhir, Mahfud masih “nego” dengan mengatakan bahwa dirinya tak berpengalaman jadi Menhan. Tapi Gus Dur malah menjawab,”Saya juga belum berpengalaman jadi presiden, Pak Mahfud.”

Baca juga:  Ketika Nasruddin Hoja Ditanya Umur
Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top