Sedang Membaca
Humor Gus Dur Tentang Pandangan Sukarno
Rizal Mubit
Penulis Kolom

Guru Ngaji di Kampung. Pengajar di Institut Keislaman Abdullah Faqih Manyar Gresik, Jawa Timur. Alumni Pusat Studi Qur'an Ciputat dan Pascasarjana IAIN Tulungagung prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir. Menulis sejumlah buku bertema keislaman. Peneliti Farabi Institute.

Humor Gus Dur Tentang Pandangan Sukarno

Pada bulan Februari tahun 2005, Gus Dur menjadi pemateri diskusi bedah buku Das Kapital edisi Bahasa Indonesia yang diadakan oleh Penerbit Hasta Mitra. Di dalam rekaman video tersebut, Gus Dur mampu berbicara dengan fasih mengenai sosialisme dan kapitalisme. Tak banyak guyon yang disampaikan Gus Dur dalam forum ini.

Dalam pemaparan yang memukau, Gus Dur menjelaskan mengenai hubungan ideologi sosialis di dalam kehidupan bangsa Indonesia. Menurut Gus Dur, Das Kapital mempengaruhi Sukarno dan kawan-kawannya saat menyusun undang-undang dasar. Tentu saja apa yang dikatakan Gus Dur ini menarik sebab menyinggung mengenai Sukarno, sosialisme dan pengaruhnya terhadap undang-undang dasar.

“Kalau kita berpikir obyektif, memang Sukarno itu tidak hanya berpandangan sosialis. Tetapi dia juga dipengaruhi oleh banyak pandangan lain-lain.” Kata Gus Dur serius.

Para peserta barangkali menunggu pandangan-pandangan lain apa saja yang mempengaruhi Sukarno dalam menyusun undang-undang. Namun di luar dugaan, kalimat berikut berikutnya justru membuat para peserta tertawa,

“Terutama pandangan matanya itu kalau ada perempuan cantik.”

Ucapan Gus Dur ini disambut tawa peserta yang dari tadi mendengarnya dengan serius.

“Lo kita harus mengakui semua to.” kata Gus Dur enteng.

Baca juga:  Dulu, NU Diserang Juga Terkait Pakaian: Kaum Sarungan
Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
2
Terhibur
1
Terinspirasi
1
Terkejut
0
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top