Sedang Membaca
Tahun 1986, Gus Dur Menulis Humor Berisi Plesetan Maskapai Penerbangan
Redaksi
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Tahun 1986, Gus Dur Menulis Humor Berisi Plesetan Maskapai Penerbangan

Whatsapp Image 2020 07 23 At 2.16.13 Pm

Selama ini, banyak orang mengira bahwa Gus Dur hanya menulis esai-esai serius. Sementara humornya hanya hanya diselipkan dalam acara-acara diskusi, seminar, ataupun ceramah keagamaan. Bagaimana nyatanya?

Nyatanya, Gus Dur menulis pernah pernah menulis humor secara khusus, dalam satu esainya yang terkenal untuk mengantar sebuah buku berjudul Mati Ketawa Cara Rusia.

Dalam esai tersebut, Gus Dur menulis sekitar tujuh humor. Semuanya humor internasional, mungkin karena bukunya juga terjemahan. Buku tersebut terbit tahun 1986, dua tahun setelah Gus Dur terpilih menjadi Ketua Umum PBNU periode pertama. Inilah salah satu humor yang dia tulis.

“Bagi orang Malaysia yang jengkel dengan perusahaan penerbangan nasionalnya MAS bukan kependekan Malaysian Air System melainkan ‘Mana Ada System?’ Untuk orang Filipina, PAL bukanlah Philippine Air Lines, melainkan Plane Always Late. Dan GARUDA apakah kepanjangannya? Bagi sementara orang, ia adalah Good And Reliable, Under Dutch Administration (Bagus dan tepat, kalau diurus orang Belanda). Yang paling fatal adalah singkatan Penerbangan Mesir di zaman Nasser dahulu, UAA. Bagi kebanyakan orang, ia tidak berarti United Arab Airways, melainkan Use Another Airways (Gunakan Penerbangan Lain).”

Baca juga:  ​Humor Gus Dur dan Tiang Listrik
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
1
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top