Sedang Membaca
Sajian Khusus: Spiritualitas Resolusi Jihad
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Sajian Khusus: Spiritualitas Resolusi Jihad

Whatsapp Image 2021 10 22 At 22.43.30

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Momentum Hari Santri bukan hanya soal seremoni. Oleh karenanya jangan sampai apa yang telah dirayakan tempo hari, hilang begitu saja hari ini.

Setelah kemarin lelah dengan berbagai rangkaian kegiatan, hari ini mari kita menambah lagi wawasan histori berkaitan dengan peristiwa penting pada hari santri. Ya. resolusi jihad yang telah berlalu hendaknya kita jadikan refleksi kembali.

Mohamad Anang Firdaus (kepadanya kami sampaikan terima kasih banyak) menyampaikan bahwa pada tahun-tahun 1940-an Kiai Hasyim dan para pejuang dari kalangan ulama lainnya tengah menghadapi sikap apatis dari kalangan ulama. Inilah mengapa Kiai Hasyim merasa penting untuk menyemaikan rasa nasionalisme dan semangat juang secara periodik kepada para ulama agar mereka mau bergerak menyebarkan semangat untuk bangkit melawan penjajahan.

Maka ketika fatwa resolusi jihad dikumandangkan, semua kiai dan para santrinya langsung berbondong-bondong bergerak menuju Surabaya dengan sikap optimisme dan semangat juang yang meledak-ledak. Cerita akan berbeda ketika Kiai Hasyim mengeluarkan resolusi jihad tanpa melakukan pendekatan kepada para kiai dan kaum pesantren di lapisan bawah.

Masih banyak hal penting yang bisa perlu kita ketahui lagi melalui tulisan-tulisan dalam sajian khusus hari ini. Selamat membaca.

 

Baca juga:  Sajian Khusus: Teror Peradaban
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top