Sedang Membaca
Sajian Khusus: Santri dan Konservasi Lingkungan
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Sajian Khusus: Santri dan Konservasi Lingkungan

Whatsapp Image 2021 12 08 At 00.45.14

Dalam satu dasawarsa ini, fikih bi’ah atau isu tentang lingkungan menjadi tema yang hangat dibicarakan di kalangan pesantren. Hal ihwal ini atas dasar realitas yang terjadi; adanya perubahan iklim dan kerusakan lingkungan yang telah dilakukan oleh manusia sendiri. Sebab itu, tema-tema tentang lingkungan atau konservasi perlu digaungkan secara masif.

Sajian Khusus edisi ke 95 ini kita kedatangan tamu dari Mahasantri Nurul Jadid Probolinggo, Alfin Haidar Ali. Nama yang tak asing di kalangan media online. Secara, Alfin merupakan penulis tetap di NU Online Jawa Timur dan juga menjadi bagian dari tim kreatif media online Mahad Aly Nurul Jadid.

Ada empat tulisan yang dibagikan oleh Alfin. Pertama tentang perlunya kesadaran dari para kiai dan santri akan isu lingkungan ini. Terutama dari kiai, supaya dapat menggerakkan para santri-santrinya untuk menjadi agen penjaga lingkungan. Kedua, Trilogi santri Nurul Jadid yang dapat diaplikasikan dalam konteks konservasi. Ketiga, pentingnya mengetahui cara pandang dari tokoh untuk memahami isu lingkungan atau fikih bi’ah, dalam hal ini Kiai Ali Yafie. Keempat, dikalangan pesantren perlu merumuskan cara pandang fikih bi’ah sebagai ikhtiar bersama dalam mencegah terjadinya kerusakan lingkungan. Harapannya, keempat tema tersebut memberikan gambaran secara utuh akan bahaya perubahan iklim dan memantik kesadaran kita untuk terus melestarikan lingkungan yang ada disekitar kita.

Baca juga:  Sajian Khusus: Islam dan Hak Asasi Manusia

Terima kasih Alfin atas tulisannya yang menyegarkan, semoga bermanfaat. Kepada pembaca Alif.id kami ucapkan banyak terima kasih atas berkenannya membagikan tulisan-tulisan yang bernas yang telah kami sajikan. Semoga bermanfaat dan menjadi amal jariyah.

Akhirul kalam, selamat membaca!

Redaksi.

 

 

Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top