Sedang Membaca
Sajian Khusus: Ilmu Al-Qur’an
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Sajian Khusus: Ilmu Al-Qur’an

Whatsapp Image 2021 07 26 At 22.56.07

Puji Syukur kehadirat Allah yang Kuasa. Shalawat dan salam kepada Rasulullah saw, kekasih dan utusan-Nya. Kesejahteraan kepada umat muslim di dunia khususnya para pembaca alif.id yang setia.

Dalam edisi Sajian Khusus yang ke-76 ini, saudara Alwi Jamalulel Ubab Alumni Khas Kempek dan Mahasantri Ma’had Aly Saidussidiqiyah Jakarta menuliskan kegelisahannya mengenai sikap beberapa orang yang berani menafsirkan Al-Qur’an tanpa disertai ilmu yang memadai. Sehingga Al-Qur’an yang semestinya adalah petunjuk bagi umat manusia malah disalahpahami sesuai kehendak nafsu yang justru menyelewengkan dari kebenaran. Naudzubillah min syarri dzalik.

Dalam tradisi Islam, ilmu yang khusus membahas mengenai Al-Qur’an dikenal dengan Ilmu Al-Qur’an. Para ulama telah membuat kitab khusus yang membahas teori-teori mengenai tata cara memahami Al-Qur’an tata cara menafsirkan Al-Qur’an. Bidang ilmu ini bahkan menjadi satu program studi khusus di perguruan tinggi Islam. Artinya memahami kandungan Al-Qur’an tidak bisa serta merta dilakukan oleh orang yang tak ahli di bidangnya.

Mudah-mudahan apa yang telah kami sajikan di dalam edisi ini menjadi ilmu yang bermanfaat. Terima kasih. Selamat membaca.

 

Baca juga:  Sajian Khusus: Dakwah Lembut Habaib Nusantara
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top