Sedang Membaca
Sajian Khusus: Catatan Santri Plumbon
Redaksi
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Sajian Khusus: Catatan Santri Plumbon

Whatsapp Image 2022 12 20 At 22.23.06

Tak terasa, Sajian Khusus sudah sampai pada edisi ke-143. Menjelang akhir tahun, kami menayangkan tulisan tentang refleksi dari para Santri Plumbon. Perlu diketahui, di kecamatan Limpung Kabupaten Batang Jawa Tengah, terdapat pesantren yang didirikan oleh Kiai Sya’ir. Tepatnya di desa Plumbon. Salah satu pesantren tertua di kecamatan Limpung.

Catatan yang ada di Sajian Khusus ini adalah bagian dari keresahan yang pernah dialami oleh para santri ketika mondok. Ada yang bercerita mengenai pengalamannya ketika pertama kali masuk pesantren, yang diawali dengan banyak drama, cobaan, yang berakhir dengan happy ending, semakin jatuh cinta pada dunia pesantren.

Ada pula yang bercerita tentang suka duka selama ngaji/mondok di pesantren, hingga bergaul dengan berbagai macam orang dengan latarbelakang yang beragam, dari daerah, suku, etnis, yang berbeda-beda. Semuanya tersaji dalam “Catatan Santri Plumbon”.

Terima kasih kami ucapkan kepada para Komunitas Santri Plumbon yang sudah menuangkan gagasannya pada Sajian Khusus kali ini. Semoga apa yang dituliskan dapat menjadi ibrah bagi pembaca Alif.

Tak lupa kami juga mengucapkan terima kasih kepada pembaca Alif.id yang sudah bersedia membagikan tulisan -tulisan dari laman Alif.

Akhirul kalam, selamat membaca!

Redaksi.

Baca juga:  Sajian Khusus: Madrasah
Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
3
Ingin Tahu
0
Senang
1
Terhibur
1
Terinspirasi
2
Terkejut
0
Scroll To Top