Sedang Membaca
Nabil Haroen: Pagar Nusa Fokus ke 3 Bidang Strategis; Konsolidasi Kader, Diplomasi Silat dan Eksosistem Digital
Redaksi
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Nabil Haroen: Pagar Nusa Fokus ke 3 Bidang Strategis; Konsolidasi Kader, Diplomasi Silat dan Eksosistem Digital

nabil pagar nusa

JAKARTA–Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa M. Nabil Haroen (Gus Nabil) menyatakan bahwa kepemimpinan Pagar Nusa ke depan akan fokus pada tiga bidang strategis. Yakni: konsolidasi kader, diplomasi Pencak Silat dan Ekosistem Digital. Hal ini disampaikan Gus Nabil kepada media ini, dalam rangka memperingati Harlah ke-37 Pagar Nusa, Selasa (03/01/2023).

“Sebagai Ketua Umum terpilih, saya sudah sowan dan berdiskusi dengan Ketua Umum PBNU KH. Yahya C Staquf terkait tugas khusus Pagar Nusa dan arah organisasi. Alhamdulillah, Kiai Yahya memberikan beberapa tugas strategis, baik untuk internal organisasi dan tugas eksternal. Ada beberapa yang bisa saya sampaikan ke publik, ada beberapa yang sifatnya rahasia dan kredensial,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Nabil Haroen menyampaikan bahwa, Pagar Nusa selama ini mendapat amanah dan tugas khusus untuk Menjaga Nahdlatul Ulama dan Bangsa Indonesia.

“Pagar Nusa itu Pagarnya NU dan Bangsa. Jadi, kita akan serius pada konsolidasi kader dan Pendekar Pagar Nusa untuk penguatan pendidikan pelatih, sistem keanggotaan, tata kelola administrasi, serta penguatan Pencak Silat Prestasi dan Tradisi,” terang Nabil Haroen yang belajar bertahun-tahun di Pesantren Lirboyo Kediri.

Selanjutnya, Nabil Haroen menegaskan bahwa Pagar Nusa juga akan mendukung penuh upaya Nahdlatul Ulama membangun peradaban, dengan penguatan peran di ranah internasional.

Baca juga:  Sajian Khusus: Guru Madrasah Berinovasi Mendidik Generasi

“Secara khusus, Pagar Nusa akan mengimplentasikan program DIPLOMASI PENCAK SILAT. Kita akan membangun jejaring dengan PCI Pagar Nusa di sekurangnya 20 negara dalam beberapa tahun mendatang. Sekaligus, kerjasama dengan Ambassador dan jaringan kedutaan di lintas negara,” terangnya. Nabil Haroen juga berkomitmen mengajak kader-kader diaspora santri untuk berkhidmah di Pagar Nusa, dalam rangka bersama-sama mentransformasi organisasi agar lebih progresif.

Menurut Nabil, Pagar Nusa punya khazanah Pencak Silat yang luar biasa. “Pagar Nusa punya nilai filosofi, nilai tarekat, sekaligus jurus-jurusnya bisa menyumbang hal penting untuk penguatan Diplomasi Pencak Silat ini.”

Selain itu, Nabil Haroen juga menegaskan pentingnya ekosistem digital yang akan dibentuk Pagar Nusa.

“Saat ini, Pagar Nusa berfokus untuk mengkonsolidasi sistem keanggotaan dengan E-KTA, nanti semua anggota akan terdaftar di sistem digital kami. Jumlah anggota kami secara kultural lebih dari 3 juta pendekar, dan secara bertahap akan kita migrasi ke dalam sistem keanggotaan berbasis digital,” jelas anggota Komisi IX DPR RI ini.

Nabil Haroen mengungkap, bahwa sistem ini akan memudahkan dalam penguatan kader, pemetaan SDM, juga e-sport dan health science untuk penguatan prestasi atlet. “Mari kita bersama-sama berkhidmah di Pagar Nusa, menjaga Nahdlatul Ulama. Pagar Nusa adalah Kita.” (*).

Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Scroll To Top