Sedang Membaca
Ulama Banjar (159): KH. Jarkasyi Hasbi
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Ulama Banjar (159): KH. Jarkasyi Hasbi

Kh. Zarkasyi Hasby

KH. Jarkasyi Hasbi, Lc. Lahir di Gambut pada tanggal 29 Februari 1952 adalah anak dari pasangan H. Ashan dan Hj. Fatmah urang Kampung Jatuh Barabai. Tokoh ini adalah Pimpinan Pondok pesantren Darul Hijrah Cindai Alus Martapura Kabupaten Banjar.

Pendidikan formalnya dimulai dari Sekolah Dasar Negeri Garuda di Banjarmasin dan Sekolah Menengah Islam Pertama (SIMP) I sungai Jingah Banjarmasin. Kemudian ia dikirim orangtuanya mondok di KMI Gontor, ia belajar di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari Banjarmasin (sampai doktoral I), dan terakhr di Jamiah Islamiayah Madinah Munawarah.

Dengal bekal pengetahuan yang diperolehnya, ia mengabdikan diri sebagai guru agama dan mengembangkan pendidikan pondok pesantren sejalan dengan prinsip hidupnya yaitu ‘hidup yang berarti bermanfaat bagi agama, nusa dan bangsa’.

Iklan - Lanjutkan Membaca Di Bawah Ini

Dalam kariernya, KH. Jarkasyi Hasbi mengabdi di dunia pendidikan, tokoh yang sederhana ini sempat mengunjungi Jepang dalam rangka program studi Agribisnis dan Koperasi pada tahun 1994.

Dari perkawinannya dengan Dra. Zahra binti Ah. Thablawi bin KH. Ahmad Dahlan, ia dikaruniai lima orang anak yakni Zuhairi Ahmad, Najdatussadiyah, Fadlil Anshari, Weldy Ahmad Fayadhi, dan Helya Awilya Novela.

Sumber Naskah: Tim Penulis LP2M UIN Antasari Banjarmasin dan MUI Provinsi Kalimantan Selatan.

Baca juga:  Ulama Banjar (136): KH. Ahmad Suhaimi, A.Md
Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top