Sedang Membaca
Islami Fest 2023, Pakar Ungkap Keterlibatan Bapak itu Penting dalam Pengasuhan Anak
Redaksi
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Islami Fest 2023, Pakar Ungkap Keterlibatan Bapak itu Penting dalam Pengasuhan Anak

Whatsapp Image 2023 06 10 At 21.08.56

JAKARTA, – Mengurus amanah dalam bentuk manusia itu tidak mudah, lebih susah karena jadi orang tua nggak ada sekolahnya. Di sinilah pentingnya para (calon) orang tua belajar untuk ‘punya ilmunya’ dulu. Termasuk peran para bapak.

Ina Salma pakar tafsir Al-Quran menjelaskan Islam sudah memberikan banyak contoh dan teladan terkait pola pengasuhan. Termasuk ikutnya bapak,

“Dalam Islam ditekankan bahwa prinsipnya adalah “kasih dan sayang”, seperti Allah yang penuh kasih sayang, orang tua harus mendekati anak dengan penuh rahmah,” tutur Dr. Ina Salma, Sabtu (10/5/2023).

Adapun hal ini terungkap dalam Kelas Parenting Islami Fest 2023 yang digelar pada Sabtu 10 Juni 2023 di Jakarta Pusat yang digelar bersama Islami.co bersama Kemenag, Unicef dan Kemendikbud.

Ketika biasanya kelas parenting ‘laku’ di kalangan ibu-ibu, di acara ini keseluruhan peserta yang datang justru anak-anak muda, calon-calon ‘ibu-bapak’ yang akan lebih berdaya di masa depan.

Ustaz Ahong dari Elbukhari menjelaskan, relasi pengasuhan harus seimbang.

“Bikinnya kan berdua, jadi mengurusnya juga berdua.” sambung Ustaz Ahong.

Sedangkan Psikolog Ayu Damayantie menguatkan argumen pentingnya keterlibatan sosok bapak dalam pengasuhan.

“Jika Bapak terlibat, dampaknya sangat positif. Ini nanti akan berkaitan dengan level kepercayaan diri dan kontrol diri anak, keberadaan bapak juga menurunkan risiko anak putus sekolah dan bermasalah di lingkungan, menurunkan risiko depresi pada remaja perempuan, dan menekan perilaku negatif anak laki-laki pada keluarga yang kurang berdaya,” tambahnya.

Baca juga:  Perkuat Posisi Perempuan dalam Peradaban, KUPI Kembali Diselenggarakan

Dalam acara ini turut diberikan beberapa tips terkait parenting khususnya dalam perspektif islam, di antaranya adalah selalu membangun komunikasi dengan anak, dalam hal ini, Allah secara spesifik mendedikasikan 1 surat dalam Al-Quran yaitu surat Lukman untuk menjadi teladan bagi orang tua, khususnya para bapak, untuk membangun dialog dengan anak.

Selanjutnya, orang tua harus menjadi teladan bagi anak-anak, dan yang tidak kalah penting, Islam menekankan untuk menjauhi kekerasan dalam bentuk apa pun ketika melakukan pengasuhan.

Dari perspektif psikologi, Ayu Damayantie menambahkan tips pengasuhan dengan mengikuti prinsip CINTA yang merupakan kepanjangan dari C: cari cara; I: ingat impian tinggi; N: nerima tanpa drama; T: tidak takut salah; dan A: asyik main bersama.

Selain kelas parenting, Islami Fest juga menyajikan pembahasan terkait isu anak lainnya yang akan dibahas dalam “BookTalk : Hak dan Perlindungan Anak dalam Islam” bersama Prof. Quraish Shihab dan Najelaa Shihab yang dimoderatori oleh Kalis Mardiasih.

Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Scroll To Top