Sedang Membaca
Di Antara Keutamaan Surah Al-Baqarah
Penulis Kolom

Mahasiswa Islamic Studies International University of Africa, Republic Sudan, 2017. Sekarang tinggal di Pati, Jawa Tengah.

Di Antara Keutamaan Surah Al-Baqarah

Surah Al-Baqarah merupakan salah satu surah panjang yang ada di dalam Alquran. Ia berada di urutan kedua dalam Alquran dengan jumlah ayat 286. Surah yang tergolong Madaniyah ini mempunyai banyak keutamaan.

Selain keutamaan yang ada di dalam surah secara utuh, ada juga keutamaan-keutamaan yang berada di ayat-ayat dalam surah Al-Baqarah, misalnya seperti ayat kursi yang salah satu keutamaannya adalah sebagai pagar gaib.

Adapun beberapa keutamaan surah Al-Baqarah adalah sebagai benteng rumah dari masuknya setan. Rumah yang sering dibacakan surah Al-Baqarah pada setiap harinya, maka setan akan keluar dari rumah tersebut dan tidak akan bisa masuk ke dalam lagi. Hal ini sebagaimana hadis Rasulullah saw yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra;

 

لا تجعلوا بيوتكم مقابر إن الشيطان ينفر من البيت الذي تقرأ فيه سورة البقرة

Janganlah kalian jadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan, sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang dibacakan surah Al-Baqarah.

 

Setan tidak akan bisa masuk ke dalam rumah yang selalu dibacakan surah Al-Baqarah. Selain itu, menurut pengakuan beberapa teman yang mempunyai keahlian dalam ruqyah, surat Al-Baqarah mempunyai kekuatan besar dalam menolak sihir dan sejenisnya, sebagaimana yang ada dalam hadis tertulis dalam kitab Sahih Muslim hadis ke-1337. Hal ini karena dalam surah Al-Baqarah, banyak ayat-ayatnya yang mempunyai berbagai keistimewaan.

Baca juga:  Islam Nusantara dan "The Fallacy of Straw Man"

Di dalam surah Al-Baqarah, juga terdapat nama Allah Swt yang paling agung, yaitu Tuhan yang Maha Esa dan juga ar-Rahman ar-Rahim, yang terdapat pada ayat ke-163. Jika nama Allah Swt yang paling agung ini digunakan untuk berdoa maka Allah Swt akan mengijabahi doa tersebut.

Bahkan para penghafal surah Al-Baqarah mempunyai keistimewaan tersindiri, yaitu mempunyai kedudukan yang tinggi dan layak dijadikan pemimpin. Sebagaimana yang dikatakan oleh Usman bin Abi Al-‘Ash ra;

 

استعملني رسول الله صلى الله عليه وسلم وأنا أصغر الستة الذين وفدوا عليه من ثقيف ، وذلك أني كنت قرأت سورة البقرة [دلائل النبوة للبيهقي]

“Rasulullah saw menjadikanku pemimpin padahal aku adalah yang paling muda dari enam orang yang menemui Rasulullah dari kaum Tsaqiif. Itu karena sesungguhnya aku telah menghafal surah Al-Baqarah.” (Dalail An-Nubuwah karya Al-Baihaqiy)

Karena Al-Baqarah adalah puncak Alquran, diturunkan bersamaan dengan turunnya delapan puluh malaikat pada tiap-tiap ayatnya. Maka di dalamnya mempunyai banyak keutamaan. Di atas hanya beberapa keutamaan yang ada dalam surah Al-Baqarah.

Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top