Sedang Membaca
Mengapa Ada Phobia Agama?
Penulis Kolom

Pencinta kajian-kajian keislaman, utamanya di bidang ilmu fikih, tema-tema keperempuanan, dan ilmu tasawuf. Menulis beberapa buku, aktif di pelbagai forum kajian, baik nasional ataupun internasional. Tinggal di Pesantren Darut Tauhid, Cirebon, Jawa Barat

Mengapa Ada Phobia Agama?

Sejak dahulu kala manusia mendambakan agama guna menemukan jalan hidup yang berarti dan membahagiakan. Tetapi ada fakta yang tak menggembirakan hati ketika agama menjadi begitu menakutkan (phobia), akibat aksi-aksi kekerasan dan brutal orang-orang yang mengaku beragama dan para pemimpin agama.

Manakala kekerasan atas nama agama meningkat dan makin meluas, banyak orang yang meninggalkan agama, menjadi agnostik (tidak tahu lagi Tuhan itu ada atau tidak ada), tidak beragama tetapi percaya kepada Tuhan, bahkan ada yang membenci agama atau menjadi atheis.

Jadi phobia terhadap agama akan terus menyebar dan meluas sejalan dengan meningkatnya kekerasan dan kebrutalan atas nama agama. Ini sesuatu yang alamiah. Kaedahnya :

Manusia, bahkan binatang, mencintai/senang kepada siapa pun yang berbuat baik kepada dirinya, dan tak suka/benci kepada siapapun yang berbuat buruk kepada dirinya.

من يرحم يرحم. من لا يرحم لا يرحم

Atau : “Siapa yang mencintai akan dicintai. Siapa yang membenci akan dibenci”.

Nabi saw bersabda :

ارحموا من فى الارض. يرحمكم من فى السماء

“Sayangilah apa yang ada di atas bumi. Tuhan akan menyayangi”.

14.09.18

Baca juga:  Ketika Mudik Hanya Angan-Angan
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top