Sedang Membaca
Ziarah Makam Adipati Terung
Hasan Basri Marwah
Penulis Kolom

Pengurus Lesbumi PBNU, penulis, Pengajar di Pesantren Kaliopak Jogjakarta, serta pegiat dan pemerhati budaya. S2 Cultural Studies di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Berasal dari Mataram Nusa Tenggara Barat dan kini menetap di Yogyakarta

Ziarah Makam Adipati Terung

Makam Adipati Terung atau Pangeran Kusen. Makam ini terletak tepat di depan pintu masuk ke makam Sunan Kudus. 
Di sebelah barat makam Sunan Kudus juga terdapat beberapa makam Panembahan dan Pangeran Palembang. Ada beberapa makam Pangeran Palembang.

Adipati Terung atau Pangeran Kusen ini adalah panglima terakhir Majapahit. Dalam legenda versi Babad Tanah Jawi, Pangeran Kusen inilah yang membunuh Sunan Ngudung, ayah Sunan Kudus.

Iklan - Lanjutkan Membaca Di Bawah Ini

Begitulah legenda. Dan manusia modern tidak memiliki kekuatan apapun terhadap legenda, mitos, dan sejenisnya. Bisanya hanya merusak dan ngeles: di mana catatannya, di mana buktinya, apa gunanya, apa peninggalannya.

Beberapa kali saya sowan ke Eyang Sunan Kudus, saya selalu mendoakan Adipati Terung secara tersendiri. Saya nyuwun sawab dan barik karena beliau saudaranya Raden Kasan alias Raden Fattah.

Di Yogyakarta juga ada makam Pangeran Bodho. Nama ini dikaitkan juga dengan Pangeran Kusen bin Arya Dhamar alias Adipati Terung.

Saya sudah mundur soal debat sejarah. Saya menulis semacam ini sebagai bentuk catatan ziarah saja. Sebagai bagian dari cara berteladan kepada leluhur.

Baca juga:  Hari Asyura, Menelusuri Makam Kepala Husain
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
1
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top