Sedang Membaca
Apa Beda Yahudi dan Zionis?
Alif.ID

Berkeislaman dalam Kebudayaan

Pendaftaran Workshop Menulis

Apa Beda Yahudi dan Zionis?

Hamzah Sahal

Dua kata ini, Yahudi dan Zinonis, mondari-mandir di kepala kita, sering sekali. Saking seringnya, mungkin kita tidak perlu lagi mendalami apa yang ada di dalamanya, apa makna keduanya. Mungkin sama dengan dua kata, tempe dan tahu, saking seringnya mondar-mandi di lidah kita, kita merasa tak perlu mengetahui keduanya. Sama pula dengan dua kata ini, sambel dan saos, duh, payah sekali jika tidak peduli bedanya, apa perbedaanya.

Mari kita sedikit peduli dengan kata, istilah, lebih-lebih yang akan memengaruhi pola pikir dan tindakan kita, baik tindakan ekonomi seperti sikap kita pada Starbuks, tindakan politik misalnya sikap kita pada Palestina dan Israel, hingga tindakan agama atau tradisi, seperti cara berpakaian miturut agama atau tradisi.

Iklan - Lanjutkan Membaca Di Bawah Ini

Apa itu Yahudi? Silakan dicari sendiri. Banyak referensi, dari kitab suci hingga koran. Apa itu Zionis? Silakan baca, baca, dan baca. Jangan bilang “katanya”.

Di samping harus mencari rujukan, bacaan yang sahih, kita juga wajib menemukan sahabat dan teman diskusi yang waras. Jangan sampai kita mengulangi kesalahan tidak bisa membedakan tahu dengan tempe, sambel dengan saos, padahal kita menikmatinya tiap hari.

Tidak bisa membedakan jenis mungkin dampaknya hanya kaget di lidah sebentar, atau maksimal mules-mules, tapi jika kita tidak bisa membedakan istilah-istilah penting, seperti Yahudi dan Zionis, dampaknya berat, otak kita bisa keseleo.

Lihat Komentar (1)

Komentari

Iklan - Lanjutkan Membaca Di Bawah Ini
Scroll To Top