Sedang Membaca
Ujaran Kebencian Serupa dengan Ghibah bahkan Fitnah
Ahmad Rozali
Penulis Kolom

Media and Campaign Officer at Wahid Foundation. Address: Griya Gus Dur, Jalan Taman Amir Hamzah Menteng Jakarta Pusat

Ujaran Kebencian Serupa dengan Ghibah bahkan Fitnah

Ujaran Kebencian Serupa dengan Ghibah bahkan Fitnah

Ujaran kebencian atau hate speech sebagai isu krusial di jagat digital menjadi satu fokus persoalan yang disorot dalam Musyawarah Nasional Alim Ulama NU di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, pada Jumat, 24/11/2017. Dalam diskusi di sidang komisi yang membahasan masalah-masalah tematik (bahtsul masail maudlu’iyah) di Pondok Pesantren Darul Falah Pagutan Lombok, ujaran kebencian dinilai serupa dengan namimah, ghibah, syukriyah, istiza’, buthan, dan fitnah.

Komisi bahtsul masail maudlu’iyah ini selain membahas ujaran kebencian, juga membahas konsep fikih mengenai penyandang disabilitas, konsep distribusi lahan atau aset, konsep amil dalam negara modern dalam fikih, konsep taqrir jama’i, dan konsep ilhaqul masail bi nazariha.

Iklan - Lanjutkan Membaca Di Bawah Ini

Sidang komisi ini dihadiri sekitar seratusan alim ulama yang mengikuti bahtsul masail sejak pukul 09.00 WIT. Yang menarik adalah berkumpulnya ulama laki-laki dan perempuan dalam membahas sejumlah isu di dalam masalah ini. Jika diperhatikan, sekitar 20 persen peserta bahtsul masail adalah perempuan. Artinya, bahtsul masa’il makin mengukuhkan sikapnya sebagai forum terbuka. Dulu bahtsul masa’ail selalu hanya dihadiri oleh ulama-ulama laki-laki

Bahtsul masail sendiri merupakan salah satu dari sejumlah rangkaian kegiatan yang ada di dalam kegiatan Munas NU yang digelar di Mataram, NTB yang dimulai pada 23 hingga 25 November 2017. 

Baca juga:  Imran bin Hitthan: Cinta Terlarang Perawi Hadis

Munas tahun ini dihadiri dan dibuka oleh Presiden Joko Widodo dan pada penutupannya nanti, direncanakan akan dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf kalla. Munas diharapkan akan menghasilkan sejumlah rekomendasi atas masalah kebangsaan di Indonesia.

Pesan Kerudung Bergo
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top