Sedang Membaca
Yenny Wahid Ajak Anak Muda Muslim Indonesia Jadi Duta Islam Rahmatan Lil Alamin untuk Dunia
Redaksi
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Yenny Wahid Ajak Anak Muda Muslim Indonesia Jadi Duta Islam Rahmatan Lil Alamin untuk Dunia

Whatsapp Image 2023 06 12 At 08.04.41

Jakarta – Yenny Wahid punya pesan penting untuk anak-anak muda Indonesia yang hadir dalam acara Islami Fest 2023 yang digelar 10 Juni 2023.

Dihadapan 785 anak muda yang hadir di acara itu, Putri dari Presiden Keempat RI Abdurrahman Wahid itu mengisahkan, banyak negara lain yang iri dengan cara bangsa kita mengelola keragaman.

“Di negara lain, di negara-negara Eropa, misalnya, yang namanya masyarakat (yang) beragama (itu) susah hidupnya, (mereka) sulit untuk mengeluarkan ekspresi beragama di ruang publik,” papar Yenny, Sabtu (10/5/2023).

“Di Indonesia (ekspresi beragama) itu bebas, kita saling menghormati, negara bahkan memfasilitasi para pemeluk agama, di sana tidak bisa,” sambung pendiri Wahid Foundation.

Di Indonesia, keragaman dan penghargaan atas perbedaan bahkan bisa ditemukan dalam semangkuk Soto.

“Keragaman kita (tergambar) dalam semangkuk soto kerbau, ketika Sunan Kudus meminta pengikutnya tidak menyembelih sapi untuk menghormati penganut agama Hindu, pengikutnya menjadi kreatif dan menciptakan tradisi baru yaitu soto kerbau yang kita kenal sebagai soto Kudus” jelasnya.

Keberhasilan Indonesia mengelola perbedaan tidak lepas dari keberadaan Pancasila sebagai ikrar suci yang menyatukan kita dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pancasila, lanjutnya, memastikan setiap umat beragama saling menghormati keyakinan satu sama lain.

Baca juga:  Marak Penipuan Bantuan Pesantren, Kemenag: Laporkan Pihak Berwajib!

Dalam orasi yang disampaikannya, Yenny berpesan pada anak-anak muda bahwa keragaman yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia adalah kekuatan yang harus dipertahankan, keragaman ini bukan sesuatu yang sifatnya terberi/given, melainkan hal yang harus dijaga, dirawat, dan dirayakan bersama-sama.

“Eropa membatas keberagamaan karena pernah punya sejarah konflik agama yang begitu lama, di sinilah anak-anak muda Indonesia harus menjadi teladan, harus menjadi duta Islam rahmatan lil’alamin, menunjukan pada dunia bahwa islam adalah pembawa kebaikan untuk semua,” terangnya.

“Untuk bisa menjadi duta bagi seluruh dunia, anak muda Indonesia harus menunjukan bahwa islam adalah tentang kebaikan, bekerja keras, dan berkontribusi pada lingkungan.”

Dalam orasinya, Yenny Wahid turut memuji pelaksanaan acara Islami Fest 2023. Meskipun menjadi festival yang ‘islami’. Islami Fest melibatkan berbagai kalangan di luar kelompok islam.

Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Scroll To Top