Sedang Membaca
Ulama Banjar (71): Guru Muhammad Nur
Redaksi
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Ulama Banjar (71): Guru Muhammad Nur

Guru Muhammad Nur

(L. 1920)

Guru Muhammad Nur adalah panggilan populer dari Tuan Guru H. Muhammad Nur bin Ibrahim Hurani bin Muhammad Amin bin Abdullah Khatib bin Abul Hamim bin Abdul Hamid Abulung. Beliau lahir di Kediri, Jawa Timur sekitar tahun 1920. Beliau belajar agama sejak kecil dari orang tua beliau sendiri yang terkenal alim.

Ketika menjelang dewasa beliau sempat menuntut ilmu di PP. Darussalam, Martapura dan terkenal di kalangan teman seangkatan beliau dipanggil sebagai Amat Jawa. Beliau juga mengaji secara khusus kepada Tuan Guru H. Husin Kaderi memperdalam ilmu tasawuf.

Seusai tamat mengaji di Darussalam, beliau pulang ke Takisung, Pleihari dan membuka majlis pengajian di sana. Di samping mukim di Takisung, beliau juga berkelana ke berbagai daerah di Kalimantan Selatan untuk menjalankan dakwah Islam sehingga beliau sempat menikah sebanyak 16 kali.

Selain membuka pengajian rutin setiap Rabu di Takisung, beliau juga telah mendirikan PP. Mujahidin yang sampai sekarang cukup berkembang.

Beliau terkenal sebagai ulama yang menonjol ilmu tasawufnya bahkan terkenal sebagai Mursyid tarekat Nuqsyabandiyah (perpaduan antara Naqsyabandiyah dan Syadziliyah).

Beliau pernah melakukan khalwat puluhan tahun di dalam hutan belukar yang lebat tanpa bekal yang cukup. Beliau juga pernah khalwat di dalam jedeng (kamar mandi)  yang berisi air selama tiga tahun. Menurut Humaidi, beliaulah yang pertama kali menemukan makam Datu beliau yakni Syekh Abdul Hamid Abulung di Sungai Batang, Martapura, lewat kekuatan mata batin beliau yang sangat tajam.

Baca juga:  Sosok “The Lady Imam” Amina Wadud: Pemikir, Mufasir, dan Aktivis Feminis

Beliau meninggal dunia pada tanggal 25 Jumadil Awwal sekitar tahun 1982.

Sumber Naskah: Tim Penulis LP2M UIN Antasari Banjarmasin dan MUI Provinsi Kalimantan Selatan.

Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
1
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top