Sedang Membaca
Ulama Banjar (58): Guru H. M. Salman Jalil
Redaksi
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Ulama Banjar (58): Guru H. M. Salman Jalil

Guru M. Salman Jalil

Guru Salman panggilan populer dari Tuan Guru H. M. Salman Jalil bin Syaja’ah (Abdul Jalil bin Amaq) binti Hj. Antung Aisyah binti Tuan Qadi H. Muhammad Amin bin Tuan Mufti H. Jamaluddin bin Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari.

Beliau dilahirkan di kampung Dalam Pagar pada malam Kamis bulan Safar 1335 H. Beliau termasuk salah seorang yang mempunyai himmah yang kuat dan kemauan keras untuk belajar dengan segala kedisiplinannya. Sedemikian kuat dan kerasnya kemauan beliau dalam belajar hingga beliau rela berpisah dengan kedua orangtua, meskipun masih belia demi mengikuti paman beliau Tuan Qadi H. M. Thaha pergi ke Pariaman, Sumatera Barat.

Setelah dewasa beliau pergi menunaikan ibadah haji ke Haramain (Makkah dan Madinah) sekaligus menuntut ilmu di sana. Lebih kurang 12 tahun beliau bermukim di Makkah bersama sepupu beliau Tuan Guru H. Abdurrahman Ismail. Di antara guru-guru beliau sebelum ke Makkah adalah Tuan Qadi H. M. Thaha, Tuan Guru H. Ismail Khatib, Tuan Guru H. Abdullah, Tuan Guru H. Acil Lamak, Tuan Guru M. Anwar, Tuan Guru H. Bajuri, Tuan Guru H. Khalid, Tuan Guru H. Zawawi (Martapura) dan Sutan Darap (Pariaman).

Kemudian, di antara guru-guru beliau selama bermukim di Makkah adalah Syekh Umar Hamdan, Syekh Hassan Masysyath, Syekh Abdul Kadir Mandailing, Syekh Yasin Padang, Syekh Abdullah al-Bukhari, Syekh Jamal Lampung, Syekh Muhyiddin al-Bukhari, Syekh Hasan al-Yamani, Syekh Mukhtar Makhdum, Syekh Zakaria Bila, Syekh ‘Ishmah al-Bukhari, Syekh Ja’ far Kasiry, Syekh Muhammad al-‘Araby, Syekh Saifullah Turki, Syekh Ubaidillah Turki, Syekh Abdullah Fattah Rawa, Syekh Syafi’i, Syekh Idrus al-Baar, Syekh Abdul Kadir al-Baar dan Syekh Ba-akur al-Baar. Di sana juga beliau sempat belajar kepada Kiyai Falak, Tuan Guru H. Hanafi Gobet, Tuan Guru H. Abdussyukur (Mu’allim Syukur, Teluk Tiram), Tuan Guru H. Anang Sya’rani Arif, Syekh Abdul Kadir Taufiq Syalabi dan Tuan Guru H. Syarwani Abdan (Guru Bangil).

Baca juga:  Dakwah Lembut Habib Nusantara (2): Habib Luthfi dan Gerakan Cinta Tanah Air

Kata Guru Sekumpul, beliau sudah mempunyai ilmu yang lengkap, baik ilmu keduniaan maupun ilmu keagamaan, ilmu politik, ilmu mantik, matematika, dan ilmu fiqih, ilmu kalam, ilmu tasawuf dan ilmu lainnya, terutama ilmu falak yang menjadi keahlian beliau. Khusus ilmu Falak, kata Guru Sekumpul lagi, beliau ini nomor dua di Indonesia, sesudah nomor satunya adalah seorang ulama dari daerah Kudus (Jawa Tengah). Namun untuk di Kalimantan saat itu beliaulah ahli falak nomer satu bersama-sama Tuan Guru H. Hanafi Gobet.

Setelah pulang dari Haramain, beliau aktif mengajar sambil menjabat sebagai Kepala Pengawas Pengadilan Agama se Kalimantan. Selain mengajar di PP. Dalam Pagar, beliau mengajar pula di PP. Darussalam dan saat itu beliau dikenal sebagai Guru Falak, lantaran beliau sangat menguasai ilmu falak. Sekitar tahun 1970, beliau minta pensiun dari kegiatan mengajar dan beliau habiskan waktu untuk konsentrasi kembali untuk belajar terutama kepada kawan beliau menuntut ilmu di Makkah Tuan Guru H. Seman Mulya yang kelak menjadi menantu beliau, juga kepada Tuan Guru H. M. Zaini Ghani (Guru Sekumpul) mantan murid beliau sewaktu tsanawiyah di PP. Darussalam Martapura.

Beliau tak mengenal lelah demi menuntut ilmu walaupun umur beliau sudah tua dan sedang sakit yang menyebabkan badan beliau bengkak-bengkak, tetapi beliau tetap menyempatkan diri hadir menuntut ilmu di majelis pengajian Guru Sekumpul. Begitulah ketawadlu’an dan himmah beliau dalam menuntut ilmu karena beliau menghayati dan berpedoman pada Hadis Nabi Muhammad Saw: “Tuntutlah ilmu dari buaian sampai ke liang lahat (kematian)”.

Baca juga:  Ulama Banjar (85): Letkol Inf. KH. Quderah Adenan

Di samping memperoleh kemuliaan dunia akhirat sebagai ulama, juga mendapat menantu seorang waliyullah yaitu Tuan Guru H. Seman Mulya (paman dari Abah Guru Sekumpul) dan pula diberikan anugerah berupa anak-anak yang saleh lagi alim yang menjadi tokoh ulama di Martapura saat ini yakni Tuan Guru H. Khatim Salman, Tuan Guru H. Wildan dan Tuan Guru H. Sa’dudin.

Beliau wafat 16 Rajab 1420H/2000M dan dimakamkan di Kubah Sekumpul. Jadi makam yang ada di Sekumpul sekarang adalah makam Tuan Guru H. Seman Mulya (Guru Seman) Tuan Guru H. M. Zaini Ghani (Guru Sekumpul) dan beliau Tuan Guru H. Salman Jalil (Guru Salman).

Sumber Naskah: Tim Penulis LP2M UIN Antasari Banjarmasin dan MUI Provinsi Kalimantan Selatan.

Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
4
Ingin Tahu
2
Senang
2
Terhibur
2
Terinspirasi
4
Terkejut
2
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top