Sedang Membaca
Semarakkan Filologi, Mahasiswa Ciputat Akan Gelar “Ngofi”

Semarakkan Filologi, Mahasiswa Ciputat Akan Gelar “Ngofi”

Redaksi

Istilah“filologi”mungkin tidak begitu akrab di telinga masyarakat Indonesia. Padahal itu merupakan sebuah cabang ilmu yang sudah berkembang pesat di beberapa negeri seperti Eropa.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), filologi diartikan sebagai ilmu tentang bahasa, kebudayaan, pranata, dan sejarah suatu bangsa sebagaimana terdapat dalam bahan-bahan tertulis. Beberapa ahli juga menjelaskan bahwa ilmu ini menjadikan manuskrip atau naskah kuno sebagai objek utama kajiannya.

Untuk lebih membumikan filologi, beberapa mahasiswa Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta membentuk Lingkar Filologi Ciputat (LFC). Hal ini disambut baik oleh Guru Besar Filologi UIN Jakarta, Prof. Dr. Oman Fathurahman, M.Hum dan Dr. M. Adib Misbahul Islam, M.Hum.

“Sebagai pembukaan, Lingkar Filologi Ciputat (LFC) akan menggelar ‘ngofi alias ngobrol filologi, pada Senin malam Selasa, 24 September 2018 di Sans Caffe Ciputat. Kita mengundang dua pakar filologi Indonesia yaitu Profesor Oman Fathurahman dan Doktor Munawar Holil dari Universitas Indonesia,”ucap Daud Bengkulah sebagai ketua (17/9).

Salah satu panitia, Dani Ramdhany, juga menuturkan bahwa acara yang akan dimeriahkan Musik Dialog Semanggi ini sengaja dibuat sederhana agar tidak terkesan formal dan mudah diterima siapa saja mengingat filologi lebih banyak dikaji di kelas-kelas kampus daripada di tempat santai terbuka.

Baca Juga

“Peserta yang sudah mendaftar sudah puluhan orang dari berbagai instansi dan wilayah tidak hanya dari Jakarta. Ke depan, kami berharap acara ini terus diminati khalayak umum, tentunya masih banyak bimbingan dan dukungan dari berbagai pihak,” imbuh Agus Kusman sebagai pengurus LFC.

LFC juga digawangi oleh Nur Salikin, Arafah Fika, Navida Syafaaty, Guruh Juhana, Fathurrochman Karyadi, dan kawan-kawan. Semuanya merupakan mahasiswa SPs UIN Jakarta di tingkat doktoral dan magister. Bagi yang ingin hadir bisa menghubungi panitia melalui pesan WhatsApp (WA) di nomor +62 821-1377-9061.

Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top