Sedang Membaca
Sayembara Menulis Kritik Film DKJ 2023
Redaksi
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Sayembara Menulis Kritik Film DKJ 2023

Screenshot 20230524 155824 Instagram

Komite Film Dewan Kesenian Jakarta untuk pertama kalinya menggelar Sayembara Menulis Kritik Film DKJ 2023. Sayembara ini dibuka pada tanggal 7 April 2023 sampai tanggal 26 Mei 2023, dengan batas waktu di pukul 23.59 WIB.

Karya- karya terbaik dapat dikirimkan melalui link http://bit.ly/SayembaraKritikFilmDKJ. Karya yang dikirimkan merupakan karya yang ditulis antara Januari 2022 hingga Mei 2023.

“Komite Film memandang penting untuk membangun platform guna meningkatkan percakapan dan obrolan sesama penggemar film, sekaligus diskursus kritis dan mengupayakan pengetahuan publik seputar sinema. Program ini juga menjadi wadah penulisan kritik film bagi publik dan pecinta film nasional untuk dapat memperkaya khasanah penulisan kritik film tanah air,” jelas Ekky Imanjaya, Ketua Komite Film DKJ.

Dalam proses seleksi dan penjurian, ada 3 tahapan yaitu: seleksi awal (administratif) yang dilakukan panitia, seleksi karya yang dilakukan Kafein (Asosiasi Pengkaji Film Indonesia), dan penjurian akhir. Komite Film Dewan Kesenian Jakarta sudah menetapkan 3 dewan juri untuk penjurian akhir, yaitu Seno Gumira Ajidarma (Penulis, Akademisi), Eric Sasono (Peneliti Independen, Kritikus Film), dan Yulia Evina Bhara (Produser Film) guna menilai dan memilih karya kritik film terbaik yang dikirimkan seluruh pecinta film ke Dewan Kesenian Jakarta.

Syarat dan Ketentuan Sayembara Menulis Kritik Film DKJ 2023:
• Warga Negara Indonesia (menyertakan KTP atau Kartu Pelajar atau Dokumen Identitas Lainnya seperti Paspor, dll).

Baca juga:  Seruan Ketua Umum PGI terkait Bom Makassar

• Karya berupa kritik 1 atau lebih film Indonesia (film panjang/pendek dari berbagai genre dan tipe/jenis, film dokumenter, film animasi) atau pembacaan atas gejala estetik atau tematis tertentu film Indonesia dari berbagai masa.
• Kritik film dalam bentuk tulisan (minimal 300 kata).

• Film yang menjadi subyek tulisan merupakan film Indonesia (tidak terbatas tahun produksi atau tahun tayang). Dalam kritik film, disertakan informasi medium menonton film yang dikritik.

• Peserta mengirimkan karya melalui tautan bit.ly/SayembaraKritikFilmDKJ dan setiap peserta boleh mengumpulkan lebih dari 1 tulisan kritik film.

• Karya yang dikirim merupakan karya asli peserta yang belum dikutsertakan dalam lomba sejenis.
• Kritik film yang dikirim merupakan karya asli peserta berupa karya yang sudah atau belum dipublikasikan.
• Kritik film menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar tanpa ada unsur pornografi maupun SARA.

• Memberikan izin kepada Komite Film DKJ untuk menerbitkan Kumpulan Tulisan Terbaik Kritik Film DKJ 2023, jika terpilih.
• Sepuluh kritik film yang terpilih sebagai finalis akan dipublikasikan dalam format e-book yang akan diterbitkan oleh Komite Film DKJ.

• Sayembara ini tertutup bagi anggota dan staf terkait DKJ serta tim juri seleksi beserta keluarga.
Komite Film Dewan Kesenian Jakarta menyediakan hadiah menarik untuk tiga pemenang Sayembara Menulis Kritik Film DKJ 2023.

Baca juga:  Cadar Menurut Pakar Hukum Islam

Pemenang pertama mendapatkan Rp. 15.000.000, pemenang kedua Rp. 12.000.000, dan pemenang ketiga akan mendapat Rp. 10.000.000 (belum dipotong pajak).

Malam penganugerahan Sayembara Menulis Kritik Film DKJ 2023 akan diselenggarakan pada minggu keempat dibulan Juni 2023.

Untuk info lebih lanjut dapat dilihat di akun Instagram/Twitter Dewan Kesenian Jakarta, @jakartscouncil atau di website DKJ www.dkj.or.id. Pertanyaan-pertanyaan seputar sayembara ini bisa dikirimkan ke email sayembarakritikfilm@gmail.com.

Narahubung:
F. Sena Pamudya
+62895330695585
Humas DKJ

Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Scroll To Top