Sedang Membaca
Sajian Khusus: Gaya Hidup Santri
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Sajian Khusus: Gaya Hidup Santri

Whatsapp Image 2021 10 05 At 22.41.48

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakaatuh.

Di bulan Oktober ini, kami menambilkan Sajian Khusus dengan tema santri sebagai upaya untuk menyambut Hari Santri Nasional. Momentum ini kami anggap sebagai salah satu kesempatan untuk mengenalkan santri kepada masyarakat luas sebab masih banyak orang yang kurang paham bahkan salah paham terhadap santri.

Dalam tulisan ini, ada beberapa hal yang menjadi gaya hidup santri. Gaya hidup ini boleh jadi terus dijalani walaupun sudah tak lagi tinggal di pondok pesantren. Di antaranya adalah kemandirian, kesederhanaan. khidmah, nderek kiai dan tirakat.

Bagi masyakarat yang belum pernah nyantri, apa yang telah disebutkan di atas barangkali adalah sesuatu yang asing dan sulit untuk dipraktikkan. Gaya hidup santri yang ditulis oleh saudara Muhammad Zakki ini bukan sekadar tradisi semata melainkan suatu perilaku yang didasarkan kepada dalil-dalil syar’i. Sehingga mampu menghasilkan sesuatu yang maslahat bagi kehidupan. Khususnya bagi santri dan umum bagi masyarakat yang bersentuhan langsung dengan santri.

Selamat membaca.

 

Baca juga:  Sajian Khusus: Riwayat Asmara
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
1
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top