Sedang Membaca
Quote Gus Mus Tentang Kebenaran
Redaksi
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Quote Gus Mus Tentang Kebenaran

Gus Mus

“Jelas salah, bila kita menganggap bahwa kita selalu benar.” Demikian quote Gus Mus yang berbedar di media sosial baru-baru ini. Quote berlogo GP Anshor ini sangat relevan di tengah perdebatan pandemi yang tak berkesudahan. Sudah jelas-jelas Covid-19 iti berbahaya, kok diperdebatkan.

Gus Mus memang sering sekali mengingatkat posisi kebenaran di tengah masyarakat, baik terkait agama ataupun terkait hubungan sebagai masyarakat bernegara. Kebenaran yang pertama ya hanya Tuhan yang mutlak. Kebenaran yang terkait negara ya konstitusi yang berlaku, yang disepakati bersama.

Quote Gus Mus di atas terhubung dengan quote Gus Mus tentang ciri-ciri orang bodoh. Kata beliau, “Ciri-ciri orang bodoh itu ingin menjawab semua pertanyaan yang ditujukan pada dirinya.”

Gus Mus sering mencontohkan bahwa dalam diri kita itu ilmunya gak banyak, kok mau menjawab persoal yang banyak. Secara implisit, Gus Mus ingin mengatakan orang Islam, para ulamanya, dan masyarakat pada umumnya, harus saling melengkapi, tidak boleh nafsi-nafsi, dipikirkan bersama, dikerjakan berjamaah, kita semua tergantung dengan orang lain. Begitu juga soal Covid-19, ada ahlinya, yang bukan ahlinya ngikut saja pada yang ahlinya.

Baca juga:  Kisah Gus Dur Menjadi Supir Kiai Wahab
Pesan Kerudung Bergo
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Scroll To Top