Sedang Membaca
Museum Balai Kirti Menerima Koleksi Milik Try Sutrisno dan Hamzah Haz
Redaksi
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Museum Balai Kirti Menerima Koleksi Milik Try Sutrisno dan Hamzah Haz

Img 20210504 Wa0006

Wakil Presiden ke-6 RI periode 1993-1998, Try Sutrisno, dan Wakil Presiden ke-9 RI periode 2001–2004, Hamzah Haz menghibahkan koleksi pribadinya kepada Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti pada Selasa, 4 Mei 2021.

Img 20210504 Wa0007
Hamzah Haz dan Fitra Arda (Foto: Setditjen Kebudayaan Kemendikbud)

Koleksi tersebut diserahkan oleh Try Sutrisno dan Hamzah Haz kepada Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Fitra Arda, dengan didampingi oleh Kepala Museum Kepresidenan RI Balai Kirti Dewi Murwaningrum, di kediaman pribadi Try Sutrisno dan Hamzah Haz.

Try Sutrisno dan Hamzah Haz menghibahkan koleksi semasa keduanya menjabat sebagai wakil presiden. Koleksi-koleksi tersebut akan dipamerkan kepada pengunjung museum sebagai bagian dari sarana edukasi.

Try Sutrisno menghibahkan beberapa koleksi. Perinciannya, pakaian sipil lengkap (PSL) untuk laki-laki berupa jas berwarna gelap; pakaian kerja berwarna gelap; peci berwarna gelap; kacamata dan tempatnya; buku berjudul Kunjungan Kerja ke-27 Provinsi, Al-Qur’an; tasbih; dan sandal selop yang sering dikenakan saat ia menjabat sebagai wapres.

Adapun Hamzah Haz menghibahkan koleksi kemeja, sarung, sorban, peci hitam, peci putih, serta baju gamis yang sering dikenakan saat ia menjabat sebagai wapres.

Fitra Arda menyambut baik penyerahan koleksi Try Sutrisno dan Hamzah Haz kepada Museum Balai Kirti. Fitra meminta museum untuk segera mempersiapkan segala hal yang diperlukan guna memamerkan koleksi-koleksi tersebut.

Baca juga:  Konser Amal Virtual "Suara Anak Indonesia", dari Anak untuk Anak

“Kami menyambut baik inisiatif Pak Try dan Pak Hamzah Haz untuk menyerahkan koleksi pribadi yang dimilikinya kepada museum. Untuk itu saya meminta kepala museum agar segera menyiapkan lokasi pamer bagi koleksi-koleksi milik Pak Try dan Pak Hamzah ini, sehingga dapat segera dilihat oleh masyarakat”, kata Fitra dalam siaran pers.

Penyerahan koleksi milik wakil presiden ini sesuai dengan program kerja Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti terkait dengan pengelolaan koleksi. Salah satunya adalah kegiatan pengkajian dan pengumpulan koleksi terkait dengan wapres RI.

Kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi nilai dan informasi koleksi yang akan dipamerkan dan dikomunikasikan kepada masyarakat sebagai bagian dari perjalanan hidup para wapres RI.

Dewi Murwaningrum mengatakan, upaya ini dilakukan untuk mengembangkan Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti. Tahapan selanjutnya dari kegiatan ini adalah kajian, yang hasilnya akan menjadi rekomendasi dalam menarasikan koleksi tersebut ke dalam tata pamer di Museum Balai Kirti.

Koleksi-koleksi tersebut tentunya akan menambah keragaman koleksi dan informasi yang dimiliki oleh Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti.

Museum yang digagas dan diresmikan oleh Presiden Keenam Susilo Bambang Yudhoyono ini menyimpan koleksi enam presiden, mulai Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati, hingga Susilo Bambang Yudhoyono. Try Sutrisno menjadi wakil presiden pertama yang menyerahkan koleksi-koleksi milikinya kepada Balai Kirti.

Baca juga:  Gus Dur Memorial Lecture: Yang Sama Jangan Dibeda-bedakan, yang Beda Jangan Disama-samakan

Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti berfungsi sebagai wahana rekreasi dan edukasi untuk memperoleh informasi dari sajian memorabilia serta visual dari para presiden Indonesia, sehingga pengunjung bisa menghayati, mengapresiasi, dan meneladani jejak langkah serta prestasi yang telah dicapai oleh masing-masing presiden RI selama masa baktinya. (*)

 

Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Scroll To Top