Sedang Membaca
Merayakan Hari Santri Fatayat NU DIY Selenggarakan Pemilihan Duta Santri Nasional dan Festival Halal Fashion
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Merayakan Hari Santri Fatayat NU DIY Selenggarakan Pemilihan Duta Santri Nasional dan Festival Halal Fashion

Whatsapp Image 2021 08 31 At 06.34.04

Dikenal sebagai negara yang memiliki perspektif Islam moderat, total pesantren di Indonesia tahun 2021 tercatat 27.722 pondok dengan jumlah 4,17 juta santri (Pangkalan Data Pondok Pesantren Kementerian Agama). Jumlah tersebut menjadi potensi yang besar dalam melahirkan santri pemimpin masa depan yang tidak hanya berakhlak mulia, tetapi moderat dan berperan bagi bangsa.

Pimpinan Wilayah Fatayat NU DIY menangkap fenomena potensi generasi muda khususnya santri sebagai tantangan yang harus dijawab dengan memberikan ruang positif kreatifitas, intelektualitas, dan integritas santri di Nusantara. Menindaklanjuti hal tersebut, sekaligus dalam rangka menyemarakkan Hari Santri Nasional 2021, Pimpinan Wilayah Fatayat NU DIY bekerjasama dengan Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta, Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI), Garda Fatayat NU DIY, PT Sri Rejeki Isman, dan Mardliyah Islamic Center UGM menyelenggarakan ajang Pemilihan Duta Santri Nasional, Santri Award, dan Festival Halal Fashion 2021. Harapannya, melalui tiga rangkaian kegiatan yang diwadahi dalam acara besar “Duta Santri Nasional” ini dapat menjadi rumah talenta para santri untuk tumbuh dan mengasah potensi hingga lahir role model santri yang menginspirasi.

Role Model Santri Indonesia

Pertanyaan menggelitik seperti “Dari jutaan santri di Indonesia, siapa role model nya?” sering terdengar tetapi belum ada yang mewadahi. Pemilihan Duta Santri Nasional yang tahun ini masuk di kali ketiga (sebelumnya tahun 2016 dan 2018), mencoba terus mencetak role model santri yang bisa menjadi inspirasi santri lain. Potensi santri yang sudah tumbuh secara organik perlu diwadahi, diarahkan dan dikembangkan agar nantinya bisa menjadi influencer pada bidang pengabdian masyarakat yang digeluti dengan dakwah Islam yang ramah, toleran, moderat, berkeadilan, dan demokratis. Berbagai potensi santri diwadahi dalam 7 kategori “Pemilihan Duta Santri Nasional”, yaitu bidang Agama; Diaspora; Budaya, Seni, dan Olahraga; Sains dan Teknologi; Kesehatan dan Lingkungan; Kewirausahaan; serta Politik, Sosial, dan Kemasyarakatan.

Baca juga:  Kenangan Bersama Gus Dur: Sebuah Wawancara

Rangkaian kegiatan “Pemilihan Duta Santri Nasional” akan berlangsung sejak tanggal 1 Agustus 2021 sampai 5 September 2021 untuk tahap pendaftaran dan berakhir di tanggal 24 Oktober 2021 untuk grand final. Tahapan dalam pemilihan Duta Santri ini adalah tahap seleksi, digital bootcamp, karantina fisik, semi-final, dan grand final yang akan diselenggarakan pada puncak acara untuk peringatan Hari Santri Nasional 2021.

Festival Halal Fashion: Lahirkan Kiblat Fashion Muslim Indonesia

Gencarnya arus informasi di dunia maya selama ini turut berpengaruh terhadap cara berIslam masyarakat Indonesia. Hal ini terlihat dalam fenomena keseharian berupa cara berpakaian dan tren fashion di Indonesia yang terpengaruh ke Arab-Araban atau terpengaruh fashion negara lain. Padahal busana muslim Indonesia dengan kehidupan khas Islam Nusantara juga pantas mewarnai industri fashion. Oleh karena itu, “Festival Halal Fashion” menangkap peluang sekaligus menjawab tantangan bahwa fashion busana muslim Indonesia layak menjadi kiblat.

Menjaring potensi desainer pemula yang berkualitas, “Festival Halal Fashion” akan melahirkan primadona baru dengan talenta yang tidak kalah apiknya dengan desainer ternama. Di Festival Halal Fashion ini pula, desainer pemula akan dibimbing mentor professional, karyanya diperagakan oleh peserta “Pemilihan Duta Santri Nasional” dan diberi panggung yang sama untuk disandingkan dengan desainer ternama sebagai apresiasi atas kualitas dan kreativitasnya.

Baca juga:  Ditemukan, Kitab "Maj’muatus Syari’ah" Karya KH Sholeh Darat Beraksara Jawa

Menjadi nilai tambah tentang environmental sustainability, perspektif ramah lingkungan dan kepastian halal dalam proses awal hingga akhir  produksi busana menjadi benang merah dalam istilah  Halal Fashion yang diusung dalam “Festival Halal Fashion”.

Rangkaian kegiatan “Festival Halal Fashion” akan berlangsung sampai 7 September 2021 untuk tahap pendaftaran dan berakhir di tanggal 24 Oktober 2021 untuk grand final. Tahapan dalam “Festival Halal Fashion” ini adalah tahap seleksi, proses pembuatan busana dengan kain yang diberi oleh panitia, kurasi, karantina, semi-final, dan grand final yang akan diselenggarakan pada puncak acara untuk peringatan Hari Santri Nasional 2021.

Menjadi Santri Harus Berkontribusi

Berbeda dengan “Pemilihan Duta Santri Nasional”, ajang Santri Award mengakomodasi tokoh santri agent of change di berbagai lintas isu yang diusung oleh masyarakat. Masyarakat umum bisa terlibat aktif untuk turut mengawal Hari Santri Nasional dengan menjadi perpanjangan tangan dalam mengamati siapa tokoh santri berpengaruh di lingkungannya. Semangat besar yang dibawa dalam ajang ini adalah menjadi santri harus bisa berkontribusi.

Pemilihan Duta Santri Nasional, Santri Award, dan Festival Halal Fashion 2021” merupakan langkah nyata menyiapkan generasi emas Indonesia 2045 sekaligus menyebarkan budaya khas nusantara agar Bangsa Indonesia tidak kehilangan jati dirinya. Generasi Indonesia, melalui Duta Santri Nasional akan mewarisi dan memiliki seutuhnya Islam Indonesia yang Rahmatan lil ‘Alamin.

 

Baca juga:  Wejangan Kiai Maemun, Agar NU Luwes dengan Pemerintah
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top