Sedang Membaca
Kerjasama Ditpontren, Protean Institute Terbitkan Ensiklopedia Karya Tokoh Pesantren
Redaksi
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Kerjasama Ditpontren, Protean Institute Terbitkan Ensiklopedia Karya Tokoh Pesantren

Whatsapp Image 2023 08 11 At 12.42.47

Penyusunan ensikopledia karya berbasis tokoh pesantren dilakukan selama setahun pada tahun 2022 dengan mengunjungi beberapa tempat yang memiliki beragam karya dan tokoh pesantren yang produktif. Penyusunan ensiklopedia ini dilakukan oleh tim yang terdiri dari Aris Risdiana, M. M., Moh. Khoerul Anwar, Ph. D., Ahmad Wahyu Sudrajad, M. Hum., Munif Solihan, M. PA., Zaen Musyrifin, M. Pd. I., A. Said Hasan Basri, M. Si.

Tim tersebut bergerak menyusuri beberapa pesantren yang senantiasa memiliki naskah terkait para pendahulunya. Beragam pengalaman unik dan menarik selama proses pengumpulan data. Mulai dari yang logis hingga tidak logis, namun senantiasa berusaha mencari karya-karya yang berguna pada masa nya hingga masa kini dan memungkinkan juga untuk masa depan. Ensiklopedia ini hadir atas dorongan dan dukungan dari Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama RI, yakni Prof. Dr. Waryono, M. Ag.

Hadirnya buku ensiklopedia ini merupakan kelanjutan buku sebelumnya, yang berjudul “Ensiklopedia Karya Ulama Nusantara,” sebagai wujud kecintaan terhadap para ulama dan tokoh yang telah menghasilkan pelbagai karya dalam mendukung pemahaman terhadap ajaran agama Islam rahmatan lil alamin. Dalam buku ensiklopedia ini setidaknya ada 96 tokoh, yang telah menghasilkan pelbagai macam karya baik berupa kamus, tafsir, hadits, aqidah, fiqh, nahwu, shorof, dan lainnya. Tentu saja, jumlah tersebut masih dikatakan sangat sedikit dari sekian ribu jumlah karya ulama dan tokoh pesantren yang ada di Indonesia. Upaya-upaya lain dalam menginventarisir karya dan tokoh pesantren senantiasa perlu ditingkatkan dalam memberikan pemahaman dan pandangan dalam beragama yang baik dan benar. Ensiklopedia ini juga telah tercatat dalam surat pencatatan ciptaan (HKI) dengan nomor EC00202362658, 2 Agustus 2023 dengan jenis ciptaan ensiklopedia.

Baca juga:  Kisah Mufti Syafi’iyyah Makkah dengan Penasihat Kolonial Hindia Belanda: Surat-Surat untuk Snouck Hurgronje

Lebih lanjut, setidaknya ensiklopedia ini memberikan gambaran tentang (a) keanekaragaman ulama dan tokoh pesantren yang ada di Nusantara, yang dapat dijadikan figur atau teladan dalam beragama yang baik dan benar, serta (b) keberagaman karyanya yang bersifat lokal namun memberikan kontribusi yang besar untuk mancanegara. Adapun tokoh ulama pesantren yang ada pada buku ini berasal dari Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Bengkulu, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Jambi, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Aceh, dan Nusa Tenggara Barat tutur dalam pengantar penulis.

Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Scroll To Top