Sedang Membaca
Kemenag Berikan Apresiasi Pemenang LPM PTKI Challenge
Redaksi
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Kemenag Berikan Apresiasi Pemenang LPM PTKI Challenge

Whatsapp Image 2023 12 15 At 14.45.18

Jakarta–Lembaga Pers Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (LPM PTKI) sebagai ujung tombak sumber informasi bagi mahasiswa perlu diberikan apresiasi.

Apresiasi tersebut diwujudkan melalui ajang LPM PTKI Challenge yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama (Kemenag).

LPM PTKI Challenge merupakan salah satu bentuk apresiasi Kemenag kepada media pers mahasiswa dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas LPM PTKI.

Para pemenang LPM PTKI Challenge diberikan hadiah total sejumlah 150 juta rupiah yang diserahkan di Jakarta pada Kamis, tanggal 14 Desember 2023.

Direktur PTKI, Ahmad Zainul Hamdi, berharap LPM PTKI terus meningkatkan kapasitas, berperan aktif menyampaikan narasi dan konten keagamaan yang moderat, sekaligus menjadi kontrol sosial bagi kehidupan kampus dan lainnya.

“Tidak boleh berpuas diri, terus belajar dan berkarya. Jangan sampai ruang media justru dikuasai oleh mereka yang tidak memiliki kapasitas untuk menyampaikan pesan-pesan agama. Dan tetap jaga idealisme sebagai agent of social control”, harap Ahmad Inung, sapaan akrabnya.

Dalam kesempatan penyerahan hadiah dan piagam penghargaan, Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan, Nur Shoib, menuturkan bahwa seluruh pemenang dan mereka yang masuk 5 dan 10 besar juga diundang ke Jakarta untuk mengikuti coaching penguatan kapasitas pengelolaan LPM PTKI selama tiga hari, 14-16 Desember 2023.

Baca juga:  Bismillah, Kloter Pertama Jamaah Haji Terbang

Adapun LPM PTKI Challenge berlangsung dari tanggal 11 November – 5 Desember 2023 dengan enam kategori yang dilombakan, yaitu kolom/opini, feature, foto, video pendek, website dan media sosial terbaik.

Seleksi dan penjurian diselenggarakan selama 3 hari, tanggal 6-8 Desember 2023. Terdapat 12 (dua belas) Juri pakar yang terlibat dalam penjurian, masing-masing kategori dipilih 10 besar dan 5 besar tergantung jumlah peserta pada masing-masing kategori lomba.

Berikut daftar pemenang LPM PTKI Challenge 2023:
Kategori Kolom/Opini
Juara I LPM Mahasiswa IAIN Manado
Juara II LPM Locus UIN Surakarta
Juara III LPM Makhdum Ibrahim IAINU Kebumen

Kategori Feature
Juara I LPM STAI Babussalam Maluku Utara
Juara II LPM Dinamika UIN Sumatera Utara
Juara III LPM Al Itqan UIN Bukittinggi

Kategori Foto
Juara I Pers Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung
Juara II LPM Locus UIN Surakarta
Juara III LPM IAI Ibrahimy Genteng Banyuwangi

Kategori Video Pendek
Juara I LPM Al Mizan UIN Pekalongan
Juara II HMPS KPI IAIN Ternate
Juara III LPM Solidaritas UIN Surabaya

Kategori Website
Juara I LPM Institut UIN Jakarta
Juara II LPM Fatsoen IAIN Cirebon
Juara III SKM Amanat UIN Semarang

Kategori Sosial Media
Juara I LPM Washilah UIN Makassar
Juara II LPM SIGMA UIN Banten
Juara III LPM Institut UIN Jakarta

Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
1
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Scroll To Top