Sedang Membaca
Kata Al-Hallaj, Iblis Itu Bertauhid, Tapi..
Mukhammad Lutfi
Penulis Kolom

Alumnus Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Kata Al-Hallaj, Iblis Itu Bertauhid, Tapi..

Jauh sebelum Nabi Adam As diciptakan sang khalik, Iblis sudah memasrahkan seluruh jiwa raganya dan membuktikan kecintaannya pada Allah dengan merawat ketaatan serta ketauhidan yang bahkan oleh malaikat pun tidak mampu ditandingi. Tiada hari tanpa ibadah kepada Allah. Cinta iblis benar-benar satu dan hanya dipersembahkan untuk Allah.

Dalam Alquran romantika ketaatan iblis tertulis pada banyak ayat, salah satunya dalam surat al-Baqarah: 30-37.

Ayat-ayat tersebut selama ini banyak dan atau selalu dibawa pada pemaknaan negatifnya; secara general umat manusia sepakat bahwa iblis pongah, enggan bersujud kepada Nabi Adam, lalu dicap sebagai pendurhaka, akan tetapi mari kita coba telisik ayat ini dengan melihatnya dari aspek potitifnya, yang memperlihatkan sebegitu besar ketaatan yang iblis miliki.

Setelah Adam diciptakan, Allah lalu memerintahkan iblis untuk sujud kepada Adam. Meski hanya bermakna penghormatan, iblis tidak rela. Iblis menolak bersujud karena ketetapan hati yang sudah lama dia pegang; hanya Allah-lah satu-satunya dzat yang pantas ia sembah.

Baca juga:

Iblis sangat memegang prinsipnya dengan terang-terangan menolak perintah Allah. Perintah yang seharusnya tak ditolaknya sekaligus perintah tak pernah diterima batinnya. Perintah yang sama sekali tidak terbayangkan beratnya; perintah sang kekasih untuk bersujud kepada mahluk, zat selain Dia.

Baca juga:  Ngaji Hikam: Don’t Jugde a Book By its Cover

Al-Hallaj (w. 301 H) dalam kitabnya yang bernama Thawasin mengapresiasi dan takjub atas apa yang diperbuat iblis dengan berkata, “ma kana fi ahlis sama’i muwahhidun mitsla iblis!” (tidak ada ahli (penduduk) langit yang memiliki tauhid murni kepada Allah seperti iblis).

Tauhid murni yang dimiliki Iblis tak lain adalah representasi ketaatannya yang begitu dalam kepada Allah.

Interupsi iblis “ana khairun minhu, khalaqtani min nar wa khalaqtahu min thin”, sebenarnya legitimasi agar penolakannya dapat dimaklumi oleh Allah, sang kekasih. Meskipun pada akhirnya dicap durhaka dan diusir dari surga, akan tetapi di sisi lain Allah masih mengabulkan permintaan iblis untuk hidup hingga hari kiamat.

Seakan-akan ada tanda tersirat bahwa ketauhidan yang murni mesti abadi dan iblis harus hidup hingga kiamat; pertama agar manusia belajar dari kisahnya untuk menjaga diri dari kesombongan dan kedurhakaan, yang kedua untuk mengabadikan lambang ketaatan dan ketauhidan abadi iblis kepada Allah.

Catatan penjelas al-Hallaj pada bagian ini adalah, pada mulanya iblis merupakan imam dari malaikat-malaikat serta para penduduk langit lainnya, maqamnya sangat mulia dan sangat dekat dengan kebenaran. Sampai-sampai al-Hallaj membandingkannya dengan nabi Muhammad saw. Iblis sebagai imam penduduk langit, sementara nabi Muhammad saw adalah imam dari penduduk bumi.

Baca juga:  Wahdatul Wujud dan Hulul: Tuhan dalam Kacamata Al-Hallaj dan Ibnu Arabi

Pada penjelasan selanjutnya al-Hallaj membandingkan terciptanya iblis dengan nabi Muhammad. Iblis tercipta dari api yang sifatnya kasar –min naar al qahri, sementara nabi Muhammad tercipta dari cahaya yang lembut –min anwar al latif.

Hingga pada kesimpulannya al-Hallaj berpendapat bahwa kasar dan lembut adalah sifat dari suatu kebenaran dengan mengutip ayat yudillu man yasyaa’ wa yahdi man yasyaa’. Kebenaran bisa berpotensi menjadikan kita meraih kesesatan namun berpotensi pula mengantarkan kita pada jalan hidayah.

Dalam hal ini al-Hallaj mengisyaratkan bahwa sesuatu yang kasar, serampangan, dan angkuh berpotensi mengantarkan kita pada kesesatan, meskipun perilaku kasar, serampangan, dan angkuh itu kita lakukan untuk kebenaran. Sementara kelembutan, dan kehati-hatian berpotensi mengantarkan kita pada hidayah.

Narasi-narasi al-Hallaj tentang iblis sungguh menyejukkan. Bahkan ia mengkomparasikannya dengan Nabi Muhammad saw. Al-Hallaj memuji-muji ketauhidan iblis setinggi-tingginya, dan tidak ada yang salah pada ketauhidan iblis.

Yang al-Hallaj kritik kemudian adalah sikap kasar, serampangan dan angkuh yang ada pada diri iblis. Bahkan nyaris tak ada kata-kata caci maki dan kafir dari narasi al-Hallaj kepada iblis.

Kritik al-Hallaj murni pada sikap kasar iblis, serampangan, dan keangkuhan yang kemungkinan bisa terjadi pada semua makhluk, entah itu manusia, jin, dan sebagainya. Wallahu a’lam.

Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
3
Ingin Tahu
7
Senang
4
Terhibur
1
Terinspirasi
5
Terkejut
3
Lihat Komentar (5)
  • Iblis tidak bertauhid sama sekali, dia justru menyekutukan Allah dengan dirinya sendiri. iblis itu punya sifat ujub… ada disebutkan di tafsir Al-Marogi, ketika dia memimpin pasukan malaikat untuk menghancurkan kaum banu jan (penghuni bumi sebelum manusia). ketika pasukan malaikat yang dipimpinnya menang, dia berkata, “kalau saja bukan aku yang memimpin, pasti tidak akan menang”. Dari sini diketahui, bahwa ibadah iblis tidak memiliki nilai tauhid, dia merasa bahwa ibadahnya dia atas kemampuan diri sendiri, bukan karena atas Qudroh dan Irodahnya Allah, dia juga merasa lebih tinggi derajatnya dengan makhluk Allah yang lain, yaitu malaikat, hingga puncaknya dia merendahkan kita, manusia, nabi Adam… dari situ terbongkar, ternyata iblis beribadah bukan karena Allah dan untuk Allah, tapi untuk dirinya sendiri… tak ada tauhid sama sekali, sebab iblis menyekutukan Allah dengan dirinya sendiri, dia juga tidak ridho dengan takdir Allah atas diciptakannya nabi Adam, tak ada tauhid disini, sebab dia menyalahkan Allah. Dia juga tidak mau taubat, dia juga punya sifat iri dengki selain sombong, dia juga pendendam, iblis bukannya membantu manusia agar dekat dengan Allah, dia justru ingin menghancurkan manusia sehancur-hancurnya… Coba renungkan ulang, darimana Anda menemukan tauhid pada iblis? adanya ujian pada hamba Allah, termasuk iblis dulu untuk membuktikan ibadahnya benar2 murni (ikhlas-tauhid), atau palsu. Ternyata ibadah iblis itu palsu, penghambaan iblis pada Allah palsu, iblis berdusta. Dia tidak benar-benar menganggap Allah Tuhan yang berkuasa atas segala sesuatu, dan Maha Benar dengan semua tindakknya. Iblis benar2 makhluk yang terkutuk, dan musuh manusia yang sebenar-benarnya! Wallahu A’lam.

  • iblis itu bukan personal.
    semua malaikat sujud kecuali iblis.
    malakat adalah kebaikan pada diri manusia
    iblis adalah hawa nafsu yg ada pada diri manusia

    adam dari tanah
    malaikat dari cahaya
    iblis dari api murni

    iblis tidak mau sujud maka manusia bebas membuat kejahatan karena tidak dpt ditundukkan kecuali para nabi dan kaum yg sholeh.

    oleh sebab itu mengapa Rabb kalian melarang adam mendekati pohon saat di surga dahulu karena kesucian hanya milik Rabb kalian

    ustadz sayyid habib yahya

  • Tulisan ini hanyalah interpretasi saya akan tulisan Al-Hallaj. Inti tulisan ini ada pada kalimat penutupnya, (Wallahu a’lam).
    Karena Allah lah yang Mahamengetahui.
    Hehehe

  • inti sebenarnya bukan pada ketetapan hati iblis utk berpegang bahwa hanya Allah yang petut disembah ….tapi lebih kepada siapa yang memerintah …Tuhan kita Allah SWT memerintahkan kepada iblis untuk sujud kepada adam sebagai penghormatan …itu aja sebenar yang iblis tidak mau mengikuti apa yang Allah SWT perintahkan …jadi sebenar nya mau ikut perintah apa yang Allah SWT perintah tidak , kalo ikut apa yang Allah SWT perintah berarti selamat lah dia iblis , kan itu intinya , bukan dia ahli ibadah ataupun paling ahli dari segala ahli ,
    udah selesai sampe situ

    • Tulisan ini hanyalah interpretasi saya akan tulisan Al-Hallaj. Inti tulisan ini ada pada kalimat penutupnya, (Wallahu a’lam).
      Karena Allah lah yang Mahamengetahui.
      Hehehe

Komentari

Scroll To Top