Sedang Membaca
Permainan Dakon (Congklak): Simbol Keikhlasan
Penulis Kolom

Dosen di Unusia, Jakarta. Menyelesaikan Alquran di Pesantren Krapyak Jogjakarta dan S3 di UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta

Permainan Dakon (Congklak): Simbol Keikhlasan

Dakon (Congklak) merupakan salah permainan tradisional anak yang paling populer di Indonesia. Permainan ini dapat menggunakan papan dakon dan dapat pula langsung memakai alas tanah.

Papan maupun alas tanah itu dibuat cekungan di dua sisinya yang masing-masing terdiri dari tujuh cekungan lebih kecil serta ditambah satu cekungan lebih besar pada ujung kanan dan kirinya.

Untuk memainkan dakon tiap-tiap cekungan yang lebih kecil diisi dengan batu, kerang dan jenis biji-bijian seperti sawo, kopi, dsb. Itulah alat utama permainan dakon.

Dakon adalah permainan yang mengajarkan keikhlasan: Berasal dari gabungan kata “nDak diKon” (tak perlu disuruh; silahkan!). Dalam pepatah Jawa ada ungkapan:

“Cik Tak Ocak Acik Mrico Polo Agawe Dakon ” ( Karepku Agawe Becik nanging Tinompo Olo Monggo Kemawon). Artinya: Niatku Berbuat Baik Namun Apabila Diterima Tidak Baik Silahkan Saja.

Dakon artinya silahkan saja: ungkapan keikhlasan seseorang. Tak ada salahnya untuk mencairkan ketegangan diantara kita pasca Pemilu, Yuk kita main Dakon!!!

Baca juga:  Film Bilal bin Rabah: Antara Spiritualitas dan Semangat Pembebasan
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
1
Terkejut
0
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top