Redaksi
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Ulama Banjar (34): KH. Abdul Wahab Sya’rani

Kh. Abdul Wahan Sya'rani

(L. 1910)

Muallim Wahab, begitulah biasa orang memanggil beliau. Muallim Wahab adalah salah satu seorang ulama yang mempunyai wibawa dan disegani oleh masyarakat Hulu Sungai Utara. Hampir seluruh hidupnya dicurahkannya pada bidang pendidikan. Beliau dilahirkan di desa Palimbangan pada tahun 1910 lahir dari pasangan H. Abdussyukur dan Hj. Jumbun.

Di tempat tinggalnya yang terletak di Jalan Rakha RT. 04 Desa Pamintangan Amuntai, beliau hidup bersama isterinya yang bernama Hj. Antung Masdiwi binti H. Gusti Antemas. Anak-anak beliau berjumlah Sembilan orang. Mereka adalah Hj. Siti Zainab, H. Zaini, Hj. Munirah, Drs. H. Abdussalam Hasani, Hj. Masniah, H. Thaberani, Hj. Nurdiah, Hj. Fitriah Habibah dan H. muhtaji.

Beliau tidak pernah mengenyam pendidikan formal, pengetahuan agama beliau peroleh dari mengikuti pengajian dan berguru pada Tuan Guru di surau-surau. Selanjutnya beliau mengaji di Mekkah pada tahun 1921, sekaligus menunaikan ibadah hajinya yang pertama dan pada tahun 1922 beliau kembali ke kampung halamannya di Amuntai.

Di Amuntai beliau kemudian berguru pada Tuan Guru KH. Abdurrasyid. selama kurang lebih dua tahun yakni tahun 1925 hingga 1927, atas saran Tuan Guru H. Abd. Rasyid, Muallim Wahab berangkat lagi ke Mekkah untuk memperdalam ilmu agama. Kali ini beliau cukup lama menetap di Saudi Arabia, yakni dari tahun 1927 sampai tahun 1932.

Baca juga:  Hikayat Walisongo (4): Resonansi Tasawuf Sunan Bonang oleh Syaikh Abdal Hakim Murad (Dr. Timothy Winter)

Sepulangnya dari menuntut ilmu di Mekkah, Muallim Wahab mengabdikan dirinya dibidang pendidikan dan dakwah di daerah Hulu Sungai Utara. Dengan memegang prinsip “setiap saat siap melayani umat”, beliau giat memberikan pengajaran maupun pengajian dari masjid ke masjid dan dari kampung ke kampung. Beliau juga diminta mengajar di sekolah yang dibangun oleh guru beliau (KH. Abdurrasyid) yaitu Normal Islam Rakha di Amuntai. Di Normal Islam beliau cukup lama mengabdikan diri sebagai guru, yaitu sejak tahun 1933 hingga tahun 1973.

“Berdakwah sampai akhir hayat, itulah yang dapat dipetik dari pengalaman hidup KH. Abdul Wahab Sya’rani. Sebelum wafatnya (tanggal 28 Januari 1978), beliau tercatat sebagai Dosen dan terakhir diangkat menjadi Dekan Fakultas Ushuluddin IAIN Antasari Amuntai.

Dalam catatan perajalanan hidupnya, beliau pernah menjadi Ketua Bidang dakwah DPC. GUPPI Kabupaten Hulu Sungai Utara dan pernah pula ditunjuk sebagai Wakil Ketua Kerapatan Qadhi Amuntai.

Sumber Naskah: Tim Penulis LP2M UIN Antasari Banjarmasin dan MUI Provinsi Kalimantan Selatan.

Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
2
Ingin Tahu
1
Senang
1
Terhibur
0
Terinspirasi
1
Terkejut
0
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top