Sedang Membaca
Haitamy el-Jaid NU Tulen, Tapi Suka Buat Ilustrasi Majalah Muhammadiyah
Redaksi
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Haitamy el-Jaid NU Tulen, Tapi Suka Buat Ilustrasi Majalah Muhammadiyah

Fb Img 1584538848393.jpg

Haitamy el-Jaid, perancang sampul buku senior dari Jogja menghembus nafas terakhir pukul 17.30 di RS PKU Muhammadiyah, Jogjakarta. Almarhum meninggal dunia di usia yang ke-57 tahun.

Kolega almarhum sesama pegiat perbukuan di Jogjakarta, Buldanul Khuri, menyampaikan takziyah di Facebook dengan nada duka mendalam. “Saya mengenal Haitamy sekitar tahun 1998. Waktu itu dia sering membuat ilustrasi cerpen di majalah Suara Muhammadiyah. Padahal dia NU tulen. Rumahnya di Mlangi. Hobinya ziarah wali songo,” tulis Buldanul Khuri.

Buku Kiai Said

Buldan berkisah bahwa saat dirinya membuat penerbit Bentang Budaya mengajak Haitamy untuk jadi visualiser sampul-sampul buku Bentang. “Kemudian Haitamy banyak membuat desain kover buku banyak penerbit. Tidak hanya penerbit Jogja. Tapi juga dari penerbit Surabaya, Jakarta, Semarang, dan lain-lain. Terutama buku-buku agama.”

“Terakhir saya bekerjasama dengan Haitamy sekitar tahun 2010, ketika saya minta dia untuk membuat ilustrasi sampul Ensiklopedia Muhammadiyah dan Ensiklopedia NU. Dia sangat alim. Pandai menulis khat Al-Qur’an dan sering jadi juri tilawatil Quran.
Selamat jalan, Sahabat….”

 

 

Baca juga:  Mengagumkan! Inilah Aktivitas Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari di Bulan Ramadan
Buku Tasawuf

Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top