Alif.ID
Penulis Kolom

Berkeislaman dalam Kebudayaan

KMNU IPB Segera Mendirikan Pondok Pesantren Pertama di Lingkungan IPB University

Pembangunan Pesantren Mahasiswa Nu Ipb

Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama Institut Pertanian Bogor (KMNU) adalah organisasi mahasiswa pelestari budaya ahlusunnah wal jama’ah dan tradisi nusantara di lingkungan kampus IPB. KMNU IPB memiliki visi untuk menjadi pusat kajian keagamaan yang berlandaskan aswaja dan membentuk nilai-nilai kepemimpinan yang berlandaskan kekeluargaan. Melalui visi ini, KMNU IPB mengawal dan menjaga tradisi aswaja yang sekarang sudah mulai ditinggalkan oleh penerusnya. Berbagai program dan kegiatan diselenggarakan oleh KMNU IPB, diantaranya kajian kitab kuning, majelis tahfidz, dan majelis dibaiyah, kajian ilmiah, program pengembangan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat desa sekitar kampus IPB, dan perintisan unit bisnis KMNU. Agar program berjalan lebih akselaratif dengan jangkauan yang lebih luas, KMNU IPB menginisiasi pendirian pondok pesantren Ma’had Jawi.

Pondok Pesantren Ma’had Jawi didirikan oleh Yayasan Global Inspirasi Nusantara dibawah naungan Himpunan Alumni KMNU IPB. Pesantren ini didirikan dengan cita-cita menjadi pusat pendidikan dan dakwah ahlussunnah wal jamaah yang saat ini terbatas di sekitar kampus IPB. Cita-cita tersebut lahir dari kebutuhan mahasiswa IPB maupun masyarakat sekitar kampus yang rindu akan akses pendidikan dan dakwah islam ahlusunnah yang moderat dan menyejukkan. Ma’had ini sudah berdiri selama 4 tahun dan telah melahirkan beberapa santri yang produktif mengadakan majlis kajian kitab dasar tajwid, tauhid, fikih, dan mendokumentasikannya dalam tulisan-tulisan maupun karya lain di media sosial. Semenjak didirikan, Ma’had Jawi menempati bangunan yang dipinjamkan oleh salah satu dosen IPB. Bangunan tersebut sekaligus merupakan sekretariat KMNU IPB. Keadaan ini tidak menghalangi keberlangsungan kegiatan belajar mengajar santri, walaupun terkadang harus berpindah tempat untuk menciptakan suasana kondusif.

Baca juga:  Pesantren, Bahasa Indonesia, dan Gus Dur

Penyediaan sarana dan prasarana yang memadai diperlukan untuk mendukung aktivitas dan program Mahad Jawi dapat berjalan secara berkelanjutan. Oleh karena itu, Yayasan Global Nusantara berencana untuk membebaskan lahan untuk wakaf pendirian pesantren Ma’had Jawi di tanah seluas 1.150 m2  dan luas bangunan 200 m2. Kami mengajak saudara saudara dan para dermawan untuk bergotong royong membebaskan lahan tersebut agar pembangunan pondok pesantren mahasiswa NU pertama di sekitar kampus IPB University dapat terwujud. Saudara dan dermawan dapat berpartisipasi aktif membantu dengan mengirimkan bantuan ke rekening:

  1. Bank Mandiri (133 001 6543 076),
  2. Bank BRI (059 501000 286 560)

a.n. Global Inspirasi Nusantara.

Setiap bantuan saudara semoga mendapat kebaikan yang berlipat berganda.

Pesan Kerudung Bergo
Apa Reaksi Anda?
Bangga
2
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Scroll To Top