Sedang Membaca
Ulama Banjar (22): KH. Ahmad Mughni
Redaksi
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Ulama Banjar (22): KH. Ahmad Mughni

Kh. Ahmad Mughni

(L. diperkirakan 1903)

Daerah Nagara, Hulu Sungai Selatan sejak dahulu banyak memproduksi Tuan Guru (Ulama) dari lembaga pendidikan Islamnya yang terkenal sebagai Langgar Baloteng atau Langgar Batingkat, tidak kalah dengan kota Martapura sebagai kota Serambi Mekkah. Salah satu Tuan Guru terkenal adalah Tuan Guru Ayah Nagara atau Tuan Guru Amat  Nagara yang bernama asli Tuan Guru Ahmad Mughni.

Beliau punya garis keturunan dari Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari (Datu Kalampayan), yakni Tuan Guru Ahmad Mughni bin Tuan Guru Ismail bin Tuan Guru Muhammad Thahir (Alabio) bin Syekh Syihabuddin bin Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari. Beliau lahir diperkirakan tahun 1903 M. di Pasungkan Nagara, Hulu Sungai Selatan.

Sejak kecil beliau sudah dididik berbagai macam ilmu agama dan ilmu adab dari ayahnya sendiri Tuan Guru Ismail yang juga ulama, juga dari kakaknya Tuan Guru Abdul Wahab dan Tuan Guru Hasbullah. Di Makkah beliau belajar di Madrasah Shalatiyah dan berguru kepada beberapa ulama besar yang masyhur, di antaranya Syekh Umar Hamdan al-Mahresi al-Tunisi, Syekh Sayyed Muhsin al-Musawa, Syekh Sayyed Alwi bin Abbas al-Maliki, Syekh Sayyed Muhammad Amin al-Kutbi, Syekh Muhammad Yahya Aman al-Makki al-Hanafi dan lain-lain. Beliau menguasai berbagai cabang ilmu keislaman seperti ilmu Fiqih, ilmu Tauhid, ilmu Tasawuf, ilmu Hadits, ilmu Nahwu, ilmu Sharf, ilmu Balaghah bahkan ilmu falak.

Baca juga:  Beginilah Hadratussyaikh Mencintai Al-Qur'an (3): Bercita-cita Mencetak Santri Hafal Al-Qur’an

Pada 1933 beliau pulang atas perintah gurunya di Makkah dan kemudian mengajar agama di Barabai, Hulu Sungai Tengah, juga pernah mengajar di daerah Panyiuran, Amuntai, Hulu Sungai Utara. Beliau meninggal dunia 10 Dzulhijjah 1414 H, dalam usia sekitar 90 tahun. Beliau adalah ayah dari ulama kharismatik di Barabai, Tuan Guru Muhammad Bakhiet.

Sumber Naskah: Tim Penulis LP2M UIN Antasari Banjarmasin dan MUI Provinsi Kalimantan Selatan.

Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
4
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
1
Terkejut
0
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top