Sedang Membaca
Merayakan Hari Perempuan Internasional, Merayakan Ultah ke-73 Sinta Nuriyah
Redaksi
Penulis Kolom

Redaksi Alif.ID - Berkeislaman dalam Kebudayaan

Merayakan Hari Perempuan Internasional, Merayakan Ultah ke-73 Sinta Nuriyah

Ibu Nyai Hj. Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid

Bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional, 8 Maret 2021, Ibu Nyai Hj. Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid berulang tahun yang ke-73. Jagat maya twitter pun dipenuhi dengan ucapan selamat dan doa kepada istri Gus Dur tersebut dengan tagar #IbuSintaWahid.

“Twips yang baik. Hari ini Ibunda saya #IbuSintaWahid berulangtahun ke 73. Mohon hadiah doa ya, agar beliau tetap sehat, panjang usia, tetap berkarya menjadi Ibu Bangsa terutama bagi mereka yang lemah atau dilemahkan sistem. Terimakasih twips.” Demikian twit akun @AlissaWahid.

Buku Kiai Said

Kami mengenal Ibu Sinta Nuriyah sebagai ibu bangsa, ibu bagi semua. Beliau dikenal sebagai sosok pejuang pluralisme dan keadilan gender. Pada tahun 2018, beliau menjadi salah satu 100 perempuan paling berpengaruh di dunia versi majalah TIME. Pada tahun 2019 beliau mendapatkan gelar Doctor Honoris Causa dari kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kiprah beliau adalah meneledani sekaligus melanjutkan apa yang selama ini diperjuangkan oleh suaminya: berpihak kepada kaum yang lemah. Hal itu bisa kita lihat dengan gerakan sahur kelilingnya, menyapa mereka yang lemah atau dilemahkan sistem. Bagi Ibu Sinta, begitulah wajah Islam, merahmati semua.

Quote dari beliau yang paling banyak dikutip netizen adalah:

“Ciri wanita solihah: sabar dan tulus mencintai suaminya hingga mengantarnya ke puncak karirnya.”

Selamat ulang tahun, ibu. Semoga sehat selalu dan panjang umur.

Baca juga:  Sajian Khusus: Gus Dur dan Dunia Internasional
Buku Tasawuf

Katalog Buku Alif.ID
Apa Reaksi Anda?
Bangga
0
Ingin Tahu
0
Senang
0
Terhibur
0
Terinspirasi
0
Terkejut
0
Lihat Komentar (0)

Komentari

Scroll To Top